Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR, Bambang Soesatyo, mengatakan, Ketua Umum DPP Partai NasDem, Surya Paloh, mengusulkan agar MPR mengundang calon presiden yang maju di Pilpres 2024 untuk menyampaikan visi dan misinya serta wawasan kebangsaan di hadapan anggota MPR.

"Kita akan memiliki calon-calon presiden yang akan tampil nanti di 2024, Bang Surya menyampaikan ada baiknya MPR mengambil bagian mengundang para calon-calon presiden itu untuk menyampaikan visi misinya, menyampaikan pandangan-pandangan kebangsaan di hadapan anggota MPR," kata dia, usai bertemu dengan Paloh di Menara NasDem, Jakarta, Jumat.

Baca juga: Nasdem Makassar buka pendaftaran bakal calon legislatif 1 Juli

Namun, lanjut dia, MPR akan mempertimbangkan gagasan tersebut untuk mewujudkan tujuan berbangsa dan bernegara sesuai dengan UUD 1945.

"Atas saran beliau juga kita akan menutup nanti semacam kajian, untuk mengkaji kembali UUD kita agar tujuan kita berbangsa dan bernegara sesuai dengan apa yang menjadi semangat hasrat dan keinginan pendiri bangsa," katanya.

Dalam kunjungan ke DPP Partai NasDem itu, dia didampingi Wakil Ketua MPR dari Fraksi PKB, Jazilul Fawaid, Wakil Ketua MPR dari Fraksi PKS, Hidayat Nur Wahid, Wakil Ketua MPR dari Fraksi Partai Demokrat, Syarief Hasan, dan Wakil Ketua MPR dari Fraksi NasDem, Lestari Moerdijat.

Baca juga: Surya Paloh tegaskan NasDem belum berkoalisi baru sekedar lobi-lobi

Ia menyebutkan, kunjungan itu silaturahmi kebangsaan yang sempat tertunda saat pandemi Covid-19.

Pimpinan MPR tidak hanya menyambangi Partai NasDem saja, melainkan seluruh partai politik akan didatangi. "Kami akan melakukan dialog kebangsaan dengan semua partai politik. Tadi pagi kami ke PPP, siang ini ke Partai NasDem," kata dia.

Paloh mengatakan, dalam pertemuan tertutup itu terjadi diskusi menarik terkait permasalahan bangsa.

Baca juga: Surya Paloh: Lebih baik tidak ada pemilu kalau timbulkan perpecahan

Beberapa pembahasan tersebut kata Surya adalah bagaimana keadaan dan keberadaan situasi yang ada, potret sosial masyarakat hingga kesiapan NasDem sebagai institusi partai politik dalam mempersiapkan diri mengambil langkah-langkah kebijakan dalam persiapan menghadapi Pemilu pada tahun 2024 yang akan datang.

"Dari diskusi-diskusi itu menghasilkan kesepakatan yang sama. Kami tentu berharap upaya konsolidasi seluruh komponen dan elemen masyarakat yang mengarah kepada satu bangun kesadaran bersama agar Pemilu yang nanti Insyaallah akan kita hadapi pada 2024 yang akan datang akan jauh lebih memberikan nilai kualitas Pemilu itu sendiri," kata dia

Selain itu, kata dia, dalam pertemuan tersebut juga menyepakati beberapa kesepakatan pemikiran dalam upaya-upaya menjaga persatuan dan kedaulatan rakyat.

Baca juga: Surya Paloh ungkap peluang koalisi dengan Demokrat

“Dan bangun kesadaran yang memberikan arti bagaimana mementingkan kepentingan persatuan di antara sesama anak bangsa ini di atas kepentingan para calonnya masing-masing," ujarnya.

Bahkan, Partai NasDem dan MPR sepakat untuk menjadikan Pemilu 2024 mendatang lebih berkualitas.

"Kami tentu berharap upaya konsolidasi seluruh komponen masyarakat mengarahkan pada suatu kesadaran bersama agar pemilu yang akan kita hadapi 2024 mendatang akan jauh lebih memberikan nilai kualitas pemilu itu sendiri," kata dia.

Baca juga: AHY: Demokrat nyaman bersama NasDem

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2022