Cirebon (ANTARA) - Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, menyasar vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK) khusus sapi ternak potong mencapai 15 ribu lebih, sedangkan sapi perah berkisar 5.000 ekor.

"Sasaran vaksinasi PMK khusus sapi itu 20 ribu lebih," kata Veteriner Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Kuningan Rofiq saat dihubungi melalui telepon di Kuningan, Jumat.

Rofiq mengatakan jumlah tersebut terdiri dari sapi potong, dan sapi perah yang tersebar di Kabupaten Kuningan.

Menurutnya, populasi sapi di Kabupaten Kuningan, lebih dari 30 ribu ekor terdiri sapi ternak potong maupun sapi perah, dan yang menjadi sasaran vaksinasi PMK sejumlah 20 ribu ekor.

Baca juga: Dinas Peternakan Kuningan catat 850 sapi sembuh dari PMK

Baca juga: Jangkiti 899 ternak, wabah kuku mulut di Cirebon semakin meluas


Saat ini, kata Rofiq, Pemkab Kuningan baru mendapatkan kiriman vaksin PMK sebanyak 7.200 dosis, dan sudah mulai dilakukan penyuntikan di beberapa lokasi.

"Untuk sasaran sapi perah berjumlah 5.000 ekor lebih, sedangkan sapi ternak potong 15 ribu," ujarnya.

Rofiq mengatakan, pihaknya belum menyasar hewan ternak selain sapi, karena data saat ini yang paling rentan terjangkit PMK adalah sapi.

Sementara untuk domba atau kambing, kata Rofiq, belum ada laporan dari masyarakat, dan secara kasat mata pun ketika dilakukan pengamatan di beberapa pasar masih sangat aman.

"Untuk domba di Kabupaten Kuningan lebih dari 120 ribu ekor, tapi hingga saat ini belum ada laporan yang terjangkit PMK," katanya.*

Baca juga: Lebih 600 sapi di Kabupaten Cirebon terjangkit penyakit kuku-mulut

Baca juga: 2.816 hewan ternak berkuku belah di Jabar tertular PMK

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022