Jakarta (ANTARA) - Kejuaraan balap sepeda bergengsi di dunia, Tour de France 2022 mulai bergulir dari Denmark, Jumat dan Transvision yang merupakan media yang menjalin kerja sama dengan penyelenggara kejuaraan menggelar nonton bareng di 15 kota di Indonesia.

Ke-15 kota tersebut adalah Medan, Pekanbaru, Palembang, Lampung, Manado, Bali, Surabaya, Kediri, Makassar, Yogjakarta, Semarang, Solo, Bandung, Bekasi, dan Tangerang

"Tour de France ini merupakan kejuaraan tahunan yang sangat ditunggu pecinta balap sepeda. Kami menjadi official broadcaster kegiatan tersebut, dan mulai hari ini mengadakan nonton bareng serentak tentu dengan harapan dapat menjadi penyedia tayangan bagi seluruh masyarakat Indonesia khususnya para pecinta sepeda,” kata Operational Director Transvision, Agung Tri Joko dalam keterangan resminya.

Dalam menayangkan Tour de France 2022, Transvision melalui channel 906 ID Cyclist bekerja sama dengan Eurosports official broadcaster gelaran bergengsi tersebut. Balapan sendiri bakal berlangsung 24 etape yang akan finis di Paris, Prancis, 24 Juli nanti.

Tour de France merupakan salah satu kejuaraan balap sepeda profesional yang disaksikan hingga miliaran penonton dari berbagai negara di seluruh penjuru dunia melalui berbagai saluran penyiaran.

Baca juga: Tour de France semakin dekat dengan penggemar balap sepeda Indonesia

Ajang tahunan yang diselenggarakan sejak 1903 dan dilaksanakan sebanyak 109 kali ini akan memberikan tantangan yang berbeda-beda, baik dari jenis rute jalan hingga jarak yang akan ditempuh, dimana nanti akan ada masing-masing pemenang dari setiap tantangannya.

Tercatat, tahun ini diikuti oleh 174 pebalap dari 26 negara di seluruh dunia yang tersebar di 22 tim. Selama tiga pekan nantinya peserta akan menjajal rute dengan total jarak 3.328 kilometer dalam rentang waktu 24 hari.

Posisi Juara Tour de France sendiri dipegang oleh Tadej Pogacar. Pebalap UAE Team Emirates berusia 22 tahun itu menjadi yang tercepat dalam menyelesaikan lomba pada edisi 2021 sejauh 3.414 km yang berlangsung dalam 21 etape tersebut.

Berikut peserta Tour de France 2022:
AG2R Citroën, Astana Qazaqstan, Bora–Hansgrohe, Cofidis, EF Education–EasyPost, Groupama–FDJ, Ineos Grenadiers, Intermarché–Wanty–Gobert Matériaux, Israel–Premier Tech, Lotto–Soudal, Movistar, QuickStep Alpha Vinyl, Bahrain Victorious, BikeExchange–Jayco, Team DSM, Jumbo–Visma, Trek–Segafredo, UAE Team Emirates, Alpecin–Fenix, Arkéa Samsic, Team TotalEnergies, B&B Hotels-KTM.

Baca juga: Mantan juara Froome dapat lampu hijau untuk ikut Tour de France
Baca juga: Geraint Thomas siap bantu tim tampil maksimal di Tour de France
Baca juga: Raja Tour de France Pogacar "termotivasi" jelang pembukaan musim

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022