Kupang (ANTARA) - Pos Pemantau Gunung Api Ile Lewotolok melaporkan terjadi erosi gunung api dengan letusan sebanyak 15 kali terhitung sejak pukul 00-00 wita hingga 06.00 Wita, Sabtu.

"Ketinggian letusannya berkisar dari 500 hingga 1.200 meter dari puncak kawah,"kata Kepala Pos Pemantau Gunung Api Ile Lewotolok Stanis Arakian dalam keterangan yang diterima di Kupang, Sabtu pagi.

Dijelaskan, secara visualisasi gunung jelas hingga kabut 0-I, sementara asap kawah bertekanan lemah hingga sedang teramati berwarna kelabu dan hitam dengan intensitas tebal dan tinggi.

Letusan yang terjadi juga disertai dengan gemuruh dan dentuman sedang hingga kuat, teramati lontaran ke segala arah dengan jarak luncur lk 300-800 meter dari pusat erupsi.

Letusan yang terjadi juga mengakibatkan kegempaan di sekitar pemukiman di bawah kaki gunung api dengan durasi berkisar dari 34-129 detik.

"Tremor menerus (Microtremor) terekam dengan amplitudo 0.5-1 mm (dominan 0.5 mm)," tegas dia.

Lebih lanjut kata Stanis hingga saat ini aktivitas gunung api yang sempat meletus pada November 2020 itu sangat tinggi. Dan level III atau siaga masih berlaku hingga saat ini, karena itu mereka mengeluarkan sejumlah rekomendasi agar warga sekitar waspada.

Beberapa rekomendasi yang dikeluarkan seperti berdasarkan hasil analisis dan evaluasi secara menyeluruh maka pada tanggal 14 Juni 2022 tingkat aktivitas Gunung api Ile Lewotolok masih berada pada Level III (Siaga) dengan rekomendasi baru yang disesuaikan dengan potensi ancaman bahaya terkini.

Dalam tingkat aktivitas Level III (Siaga), masyarakat di sekitar gunung Ile Lewotolok maupun pengunjung/pendaki/wisatawan direkomendasikan agar tidak melakukan aktivitas di dalam radius 3 km dari puncak/kawah, radius 3.5 km untuk sektor Tenggara, radius 4 km untuk sektor Timur dan Timur Laut.

"Masyarakat Desa Lamawolo, Desa Lamatokan, dan Desa Jontona agar selalu mewaspadai potensi ancaman guguran lava pijar dan awan panas dari bagian timur puncak/kawah Gunung Ile Lewotolok," demikian Stanis Arakian.

Disamping itu, mengingat potensi bahaya abu vulkanik yang dapat mengakibatkan gangguan pernapasan (ISPA) maupun gangguan kesehatan Iainnya maka masyarakat yang berada di sekitar gunung Lewotolok agar menyiapkan masker penutup hidung dan mulut maupun perlengkapan lain untuk melindungi mata dan kulit.
Baca juga: Abu setinggi 1.300 meter, Gunung Ile Lewokotok di Lembata-NTT meletus
Baca juga: Pos Pemantau: Gunung Ile Lewotolok di Lembata kembali meletus
Baca juga: Material erupsi Gunung Ile Lewotolok bertambah, warga diminta waspada

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2022