Jakarta (ANTARA) - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) menjelang akhir pekan, terkoreksi yang dipimpin saham-saham sektor transportasi dan logistik menjadi salah satu berita ekonomi terpopuler kemarin, Jumat (1/7).

Di samping itu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno meyakini inovasi dan kolaborasi para pelaku ekonomi kreatif mampu mendorong terwujudnya 1,1 juta lapangan pekerjaan di Indonesia pada tahun ini.

Berikut berita-berita ekonomi terpopuler kemarin, selengkapnya:


1. IHSG jelang akhir pekan terkoreksi dipimpin saham sektor transportasi
  Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) menjelang akhir pekan, terkoreksi yang dipimpin saham-saham sektor transportasi dan logistik.

IHSG ditutup melemah 117,25 poin atau 1,7 persen ke posisi 6.794,33. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 turun 17,61 poin atau 1,78 persen ke posisi 974,33


2. BPS: Cabai merah penyumbang inflasi terbesar pada Juni 2022
  Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Margo Yuwono menyebutkan cabai merah menjadi komoditas penyumbang terbesar inflasi pada Juni 2022 yang mencapai 0,61 persen secara bulanan (mtm).

“Berdasarkan kelompok pengeluaran, kelompok makanan, minuman, dan tembakau memberi andil terbesar sebesar 0,47 persen atau terjadi inflasi 1,77 persen (mtm). Komoditas yang menyebabkan kelompok ini menjadi penyumbang terbesar inflasi Juni adalah cabai merah dengan andil 0,24 persen,” kata Margo dalam konferensi pers yang dipantau di Jakarta, Jumat.


3. Sri Mulyani proyeksi ekonomi RI tumbuh hingga 5,2 persen di semester I
  Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memproyeksikan ekonomi Indonesia akan tumbuh 4,9 persen hingga 5,2 persen pada semester I-2022.

"Selanjutnya untuk semester II-2022 diperkirakan mencapai 4,9 persen hingga 5,5 persen," kata Sri Mulyani dalam Rapat Kerja bersama Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat RI yang dipantau secara daring di Jakarta, Jumat.


4. Sri Mulyani cairkan PMN Garuda usai disetujui 365 perwakilan kreditur
  Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani akan mencairkan Penyertaan Modal Negara (PMN) sebagai pembiayaan investasi untuk PT Garuda Indonesia (Persero) sebesar Rp7,5 triliun usai mendapatkan persetujuan dari 365 perwakilan kreditur.

Saat ini sebanyak 347 atau 95,07 persen perwakilan kreditur telah menyetujui proposal Garuda dalam proses Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU).


5. BI tak akan buru-buru naikkan bunga karena inflasi inti masih rendah
  Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo kembali menegaskan tak akan terburu-buru menaikkan suku bunga acuan karena kondisi inflasi inti yang masih rendah saat ini.

Inflasi inti Juni 2022 yang baru saja diumumkan pagi tadi tercatat masih rendah, yakni 2,63 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya (year-on-year/yoy), begitu pula inflasi harga yang diatur pemerintah (administered price) yakni 5,3 persen (yoy).


6. Menparekraf: Inovasi pelaku ekraf wujudkan 1,1 juta lapangan pekerjaan
  Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno meyakini inovasi dan kolaborasi para pelaku ekonomi kreatif mampu mendorong terwujudnya 1,1 juta lapangan pekerjaan di Indonesia pada tahun ini.

"Saya melihat penciptaan 1,1 juta lapangan pekerjaan dengan inovasi, adaptasi, dan kolaborasi (pelaku ekonomi kreatif), tahun ini akan kita wujudkan," ujar Sandiaga seusai menghadiri Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022 di Yogyakarta, Jumat sore.

Pewarta: Sanya Dinda Susanti
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022