Jakarta (ANTARA) - Pada Jumat (1/7) Delegasi Amirul Hajj mengecek penyelenggaraan pelayanan bagi jamaah haji Indonesia di Tanah Suci, banjir menggenangi permukiman warga di beberapa bagian wilayah Provinsi Bengkulu, dan Kementerian Agama menjelaskan penyebab perbedaan waktu Idul Adha antara Indonesia dan Arab Saudi.

Selain itu ada warta mengenai ucapan belasungkawa dari Menteri Agama kepada keluarga Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dan kesuksesan operasi Kantor Kesehatan Haji Indonesia di Kota Mekkah, Arab Saudi, yang dapat disimak dalam rangkuman berita berikut.

Amirul Hajj pastikan jamaah calon haji dapat layanan terbaik

Delegasi Amirul Hajj tiba di Kota Jeddah, Arab Saudi, pada Kamis (30/6) pukul 23.30 waktu setempat dan berencana melakukan pengecekan untuk memastikan jamaah haji Indonesia mendapat pelayanan terbaik selama menunaikan ibadah di Tanah Suci.

Lebih dari 1.570 rumah warga terdampak banjir di Provinsi Bengkulu

Banjir yang terjadi akibat hujan dengan intensitas tinggi dalam beberapa hari terakhir berdampak pada 1.570 lebih rumah warga di Kota Bengkulu, Kabupaten Bengkulu Tengah, Kabupaten Seluma, dan Kabupaten Bengkulu Selatan di Provinsi Bengkulu.

Menteri Agama mengaku banyak belajar dari Tjahjo Kumolo

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengaku belajar banyak dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo, yang meninggal dunia pada Jumat siang. Dia mengaku belajar dari Tjahjo semasa menjadi aktivis hingga menjadi birokrat.

Kemenag jelaskan perihal beda waktu Idul Adha di Indonesia dan Saudi

Kementerian Agama RI menjelaskan alasan perbedaan penetapan Idul Adha antara Indonesia dan Arab Saudi setelah menetapkan Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah jatuh pada 10 Juli 2022, berbeda dengan Arab Saudi, yang menetapkan Idul Adha 1443 Hijriah jatuh pada 9 Juli 2022.

KKHI Mekkah sukses lakukan tiga operasi setelah tujuh tahun

Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Daerah Kerja Daerah Kerja Mekkah berhasil mengoperasi tiga pasien setelah tujuh tahun tidak melaksanakan pembedahan. KKHI Daerah Kerja Mekkah terakhir mengoperasi pasien tahun 2015.



 

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2022