Anggota DPRD DKI kawal pembangunan kembali Kampung Gembrong

Anggota DPRD DKI kawal pembangunan kembali Kampung Gembrong

Seorang warga Pasar Gembrong memeluk Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Jatinegara, Jumat (1/7/2022). ANTARA/Yogi Rachman/am.

Jakarta (ANTARA) - Anggota DPRD DKI Jakarta Jupiter siap mengawal pembangunan kembali Kampung Gembrong di Jakarta Timur agar sesuai dengan target selesai renovasi pada September 2022.

"Kami akan melakukan fungsi pengawasan, untuk memastikan agar pembangunan yang diharapkan oleh warga Kampung Gembira Gembrong, revitalisasi ini bisa terlaksana secara konkret," kata anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta itu di Jakarta, Sabtu.

Dia meminta wali kota, camat dan lurah sejalan dengan target Gubernur DKI Anies Baswedan terkait pembangunan kembali kampung seluas sekitar 1.200 meter persegi di Jakarta Timur itu.

Di sisi lain, ia mengapresiasi upaya Gubernur DKI Anies Baswedan dalam pembiayaan alternatif selain APBD untuk mendanai renovasi Kampung Gembrong.

Adapun pembiayaan pembangunan kembali kampung yang rencananya bernama Kampung Gembira Gembrong itu diperkirakan sekitar Rp7,8 miliar yang didukung Baznas-Bazis DKI Jakarta.

Pembangunan tersebut dimulai pada Jumat (1/7) atau berselang sekitar dua bulan setelah kebakaran dengan target September 2022.

"Saya mengapresiasi langkah cepat Anies Baswedan dan kerja keras kolaborasi Wali Kota Jakarta Timur dan jajaran Baznas-Bazis DKI Jakarta serta tokoh masyarakat di Kampung Eks Pasar Gembrong," kata politisi NasDem itu.

Baca juga: Warga Pasar Gembrong tak menyangka rumahnya direvitalisasi
Baca juga: DKI mulai bangun Kampung Gembira Gembrong di Jakarta Timur

 
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat meletakkan batu pertama pembangunan Kampung Gembira Gembrong di Jakarta, Jumat (1/6/2022). ANTARA/Yogi Rachman

Adapun total anggaran senilai Rp7,8 miliar merupakan hasil kolektif yang dikumpulkan oleh Baznas-Bazis DKI Jakarta, termasuk saat pengumpulan infak dan sedekah saat berlangsungnya Shalat Idul Fitri 1443 Hijriah di Jakarta International Stadium (JIS) pada Senin (2/5).

Pengumpulan dana infak di JIS tersebut salah satunya dialokasikan untuk membangun masjid di kawasan Kampung Gembrong.

Nantinya, renovasi kawasan Kampung Gembrong tersebut dibangun sekitar 136 unit rumah tapak.

Gubernur DKI Anies Baswedan berpesan kepada pihak yang akan mengerjakan pembangunan revitalisasi secara teknis bisa bekerja dengan tepat jadwal, tepat kualitas dan tepat anggaran.

"Jadi kepada semua yang nanti akan bekerja, saya sampaikan terima kasih sebelumnya. Kerjakan tempat ini, seakan sedang membangun rumah untuk diri sendiri, seakan sedang membangun rumah untuk keluarga sendiri, kerjakan dengan sepenuh hati," katanya pada peletakan batu pertama Kampung Gembrong, Jumat (1/7).

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar