Bulu tangkis

Fajar/Rian bantai wakil tuan rumah ketiga kalinya di Malaysia Open

Fajar/Rian bantai wakil tuan rumah ketiga kalinya di Malaysia Open

Pebulu tangkis ganda putra Indonesia Fajar Alfian (kiri) dan Muhammad Rian Ardianto memukul kok ke arah ganda putra Malaysia, Ong Yew Sin/Teo Ee Yi di babak perempat final turnamen bulutangkis Malaysia Open 2022, Jumat (1/7/2022) di Kuala Lumpur Malaysia. (ANTARA/HO-PBSI/pri)

Jakarta (ANTARA) - Ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto untuk ketiga kalinya menyingkirkan pasangan tuan rumah pada turnamen Malaysia Open 2022 lewat kemenangan atas Goh Sze Fei/Nur Izzudin pada babak semifinal, Sabtu.

Kemenangan Fajar/Rian atas wakil tuan rumah juga lagi-lagi diakhiri dengan dua gim langsung, kali ini dengan skor 21-14, 21-12.

Dua ganda putra Negeri Jiran yang sudah ditundukkan Fajar/Rian yaitu Goh V Shem/Low Juan Shen 21-18, 21-9 pada babak pertama, dan Ong Yew Sin/Teo Ee Yi 21-13, 21-9 pada perempat final.

Baca juga: Fajar/Rian hadapi pasangan tuan rumah di semifinal Malaysia Open

Pada laga Sabtu, ritme cepat menjadi andalan Fajar/Rian untuk mengunci kemenangan gim pertama. Lewat pertahanan yang rapih dan serangan yang akurat, mudah saja bagi unggulan keenam untuk unggul pada gim pembuka.

Kunci kemenangan Fajar/Rian ialah dengan mencetak poin sebanyak mungkin sebelum interval. Pasangan Indonesia itu memimpin 3-0, 8-2, dan 11-5 pada paruh awal.

Pada paruh kedua, Goh/Izzuddin sempat melakukan perlawanan dengan strategi serangan yang lebih berani. Berbeda dengan awal gim yang lebih banyak tertekan di zona belakang, kini pasangan Malaysia memasang kuda-kuda di zona depan.

Meski skor kedua pasangan mendekat hanya 18-13 atau selisih lima poin, namun Fajar/Rian tetap konsisten hingga akhir gim dengan menyajikan pengembalian cepat yang disertai smes.

Pada gim kedua, Goh/Izzuddin memberikan perlawanan alot dan mampu memimpin atas pasangan Indonesia. Namun keunggulan yang diraih pasangan peringkat ke-12 hanya bertahan sementara.

Baca juga: Smes keras Fadia pastikan ganda putri Indonesia ke final Malaysia Open

Goh/Izzuddin yang bermain di hadapan penggemarnya justru terlihat tertekan, dan kerap membuat error yang seharusnya bisa diminimalisir. Misalnya pada awal gim saat servisnya gagal menabrak net, atau smes menyilang yang terlalu jauh hingga keluar lapangan.

Kondisi ini menguntungkan Fajar/Rian untuk terus menekan dan mencuri keunggulan. Usai menyamakan skor 6-6, Fajar/Rian terus melaju meninggalkan lawannya bahkan secara dramatis mencetak delapan poin beruntun dari skor 10-8 menjadi 18-8.

Pertandingan antara Fajar/Rian dan Goh/Izzuddin pun berakhir hanya dalam 37 menit, mencatatkan kemenangan keenam dari total tujuh pertemuan mereka.

Pada partai puncak, Fajar/Rian berpotensi melakoni laga pengulangan dari babak final Thailand Open 2022 dengan melawan Takuro Hoki/Yugo Kobayashi, atau menghadapi wakil Malaysia keempat kalinya dengan menghadapi Aaron Chia/Soh Wooi Yik.

Baca juga: Apri/Fadia siap tampil "all out" di final Malaysia Open

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar