Jakarta (ANTARA) - Harapan sektor tunggal putra Indonesia untuk mengirim satu wakilnya ke babak final Malaysia Open harus pupus, setelah Jonatan Christie ditundukkan Viktor Axelsen pada babak semifinal yang berlangsung dalam tiga gim, Sabtu.

Berlaga di lapangan nomor satu Axiata Arena, Kuala Lumpur, Jonatan harus mengakui keunggulan pebulu tangkis peringkat satu dunia dengan skor akhir 15-21, 22-20, 11-21.

Secara keseluruhan, unggulan ketujuh berada dalam tekanan sejak gim pertama hingga gim ketiga. Namun keunggulan yang direbut pada gim kedua diperoleh akibat Axelsen yang menurunkan tempo permainannya.

Baca juga: Jonatan dulang kemenangan meski kebingungan dengan kondisi angin

Pada gim ini, Axelsen juga melakukan eror yang tidak perlu sehingga memberikan poin gratis kepada wakil Indonesia. Bahkan saat Axelsen mencapai gim poin, Jonatan berkesempatan mengejar dan menempatkan mereka pada posisi setting 20-20.

Keuntungan diberikan Axelsen kepada Jonatan pada poin akhir saat ia mengangkat bola terlalu tinggi dan berakhir di luar garis lapangan.

Pada gim ketiga, Jonatan kembali tak berkutik dan nihil celah untuk mendulang angka lewat serangan-serangannya. Pada fase ini, Jonatan hanya mengikuti arah bola dan kesulitan mendikte pukulan kepada Axelsen.

Dari tiga wakil Indonesia yang lolos ke babak semifinal, hanya menyisakan Jonatan yang harus terhenti. Sementara dua wakil lainnya yaitu ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti, serta ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto sukses melenggang ke babak final turnamen level BWF Super 750 ini.

Baca juga: Fajar/Rian bantai wakil tuan rumah ketiga kalinya di Malaysia Open
Baca juga: Apri/Fadia siap tampil "all out" di final Malaysia Open

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022