dalam rangka program penyelamatan bumi
Jakarta (ANTARA) - Sejumlah pengelola gedung di sekitar Bundaran Hotel Indonesia (HI) Jakarta Pusat, memadamkan lampu selama 60 menit pada Sabtu mulai pukul 20.30-21.30 WIB, guna mendukung aksi "earth hour".

Berdasarkan pantauan di lokasi, selain lampu jalan dan gedung, lampu patung Bundaran HI dan ikon hajatan Jakarta berupa angka 495 juga turut padam, namun sayang, kepadatan lalu lintas tetap terjadi.

Baca juga: DKI petakan jalan protokol untuk padamkan lampu saat "Earth Hour"

Beberapa warga yang sedang berekreasi di trotoar sempat kaget ketika lampu padam, bahkan salah seorang petugas gedung bertanya kepada rekannya karena padam lampu.

Masih di tempat yang sama, warga lain yang berada di lokasi tetap melakukan kegiatan, meski jalanan gelap, ada yang menikmati makanan, berbincang, bahkan berswafoto.

Bahkan trotoar tetap penuh selama terjadi pemadaman dan banyak juga pedagang makanan yang menawarkan makanan kepada warga.
.
Warga yang berekreasi juga tampak petugas hotel yang berjaga di pintu masuk kendaraan untuk melakukan pengamanan.

"Saya sangat setuju, karena ini bagian dari saving cost, penghematan energi juga dalam rangka program penyelamatan bumi," kata Edy, salah seorang petugas di depan Hotel Grand Hyatt kepada ANTARA.

Edy mengungkapkan pemadaman lampu ini berdampak baik terhadap lingkungan dan udara di Jakarta, terlebih beberapa hari terakhir masuk dalam daftar kota dengan polusi terburuk di dunia.

Baca juga: Ini kata Anies terkait manfaat matikan lampu satu jam

Edy menambahkan pihak tamu yang berada di hotel tidak keberatan dengan adanya pemadaman karena manajemen telah melakukan sosialisasi.

Meski satu jam, Edy berharap partisipasi pemadaman yang dapat membantu mengurangi polusi dan hemat energi di Jakarta.

Diketahui, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengajak warga Ibu Kota mematikan lampu selama 60 menit pada Sabtu malam untuk mendukung aksi hemat energi dan pengurangan emisi karbon.

"Pemprov DKI Jakarta akan ambil bagian dalam gerakan ini dengan memadamkan lampu di sejumlah titik," demikian keterangan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta melalui akun Instagram @dinaslhdki di Jakarta, Kamis.

Sesuai dengan instruksi pemerintah, sejumlah gedung diminta mematikan lampu mengikuti lampu jalan yang lebih dahulu mati di kawasan Bundaran HI tepat pukul 20.30 WIB yang berlangsung selama 60 menit.

Baca juga: DKI genjot hemat energi dan ekonomi dari "Earth Hour"

Pewarta: Yoanita Hastryka Djohan
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022