bangsa Indonesia harus bangga memiliki warisan budaya berupa keris. Keris telah diakui oleh dunia sebagai budaya asli Indonesia
Madiun (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun, Jawa Timur, berupaya melestarikan budaya Bangsa Indonesia dengan menggelar pameran keris bertajuk Pesona Pusaka 2022 bersamaan  dengan rangkaian Peringatan Hari Jadi Ke-104 Kota Madiun.

Wali Kota Madiun Maidi seusai pembukaan pameran itu di GOR Wilis Kota Madiun, Sabtu malam, mengatakan pameran tersebut selain dalam rangkaian peringatan hari jadi, juga bertujuan untuk melestarikan karya budaya bangsa yang telah diakui dunia, salah satunya pusaka keris.

"Kita warga Bangsa Indonesia harus bangga memiliki warisan budaya berupa keris. Keris telah diakui oleh dunia sebagai budaya asli Indonesia," ujar Wali Kota Madiun Maidi dalam kegiatan tersebut kepada wartawan.

Baca juga: Polres Madiun lakukan penyekatan mobilitas ternak jelang Idul Adha

Adapun pusaka yang dipamerkan dalam kegiatan tersebut cukup beraneka. Selain keris, juga terdapat pusaka lainnya, seperti tombak. Keris dan pusaka yang dipamerkan tersebut merupakan koleksi paguyuban keris dari wilayah Madiun dan luar Madiun.

Pada pameran kali ini Pemkot Madiun bersama panitia juga menyelenggarakan kegiatan "sharing session pusaka" atau sesi belajar bersama tentang pusaka keris yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan ke masyarakat mengenai perjalanan pembuatan pusaka keris.

Baca juga: Pemkot Madiun berhasil turunkan stunting hingga 12 persen

Tak kalah menarik, pameran yang diminati masyarakat tersebut juga diisi dengan lokakarya pembuatan keris.

Adapun pameran Pesona Pusaka 2022 dalam rangka peringatan hari jadi Kota Madiun yang ke-104 tersebut berlangsung 1-3 Juli 2022.

Baca juga: KAI Daop 7 Madiun kampanye cegah tindak kekerasan seksual

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022