Jakarta (ANTARA) - Harga minyak melonjak lebih dari dua persen pada akhir perdagangan Jumat (Sabtu pagi WIB), karena pemadaman pasokan di Libya dan ekspektasi penutupan di Norwegia menjadi salah satu berita ekonomi terpopuler kemarin Sabtu (2/7/2022).

Selain itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Presiden Uni Emirat Arab (United Arab Emirates/UAE) Sheikh Mohamed bin Zayed bin Sultan Al Nahyan membahas tindak lanjut dari kerja sama investasi UAE di Indonesia.

Berikut berita ekonomi terpopuler selengkapnya:


1. Harga minyak melonjak, dipicu ancaman produksi turun di Libya-Norwegia Harga minyak melonjak lebih dari dua persen pada akhir perdagangan Jumat (Sabtu pagi WIB), karena pemadaman pasokan di Libya dan ekspektasi penutupan di Norwegia melebihi ekspektasi bahwa perlambatan ekonomi dapat mengurangi permintaan.

Harga minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman September terangkat 2,60 dolar AS atau 2,4 persen, menjadi menetap di 111,63 dolar AS per barel. Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Agustus naik 2,67 dolar AS atau 2,5 persen, menjadi ditutup di 108,43 dolar AS per barel.


2. Mendag: IUAE-CEPA upaya RI tingkatkan ekspor ke Timur Tengah Persetujuan Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia–Uni Emirat Arab (IUAE–CEPA) diharapkan bisa menjadi upaya untuk meningkatkan kinerja perdagangan dan investasi dengan negara Teluk dan Timur Tengah.

Perjanjian Indonesia-UAE CEPA ditandatangani Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan dan Menteri Ekonomi Uni Emirat Arab (UEA) Abdulla bin Touq Al Marri, Jumat (1/7), bersamaan dengan kunjungan kerja Presiden Joko Widodo ke Abu Dhabi, UEA.


3. Sandiaga tingkatkan wisata olahraga karena diminati turis Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga S. Uno berencana meningkatkan jumlah atraksi wisata olahraga (sports tourism) unggulan di tanah air karena itu diyakini mampu menarik minat wisatawan domestik dan mancanegara.

Oleh karena itu, Sandiaga berharap pengelola destinasi wisata dapat berkolaborasi dengan pihak lain menciptakan kegiatan-kegiatan (event) unggulan berbasis wisata olahraga.


4. Kemenperin kembali gulirkan insentif potongan harga mesin industri TPT Kementerian Perindustrian (Kemenperin) kembali menggulirkan program insentif pemotongan pembelian harga mesin Industri Tekstil dan Produk Tekstil (TPT) guna meningkatkan daya saing dan produktivitas industri tersebut.

"Pemberian insentif ini merupakan stimulus bagi perusahaan, supaya menggunakan mesin dan peralatan lebih modern, efisien, hemat energi serta lebih ramah lingkungan. Sampai saat ini, terdapat sepuluh perusahaan yang telah disetujui untuk memanfaatkan program ini melalui Perjanjian Pemberian Penggantian Potongan Harga (P4H)," kata Direktur Industri Tekstil, Kulit, dan Alas Kaki Kemenperin Elis Masitoh melalui keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu.


5. Presiden Jokowi bahas tindak lanjut kerja sama investasi UAE Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Presiden Uni Emirat Arab (United Arab Emirates/UAE) Sheikh Mohamed bin Zayed bin Sultan Al Nahyan membahas tindak lanjut dari kerja sama investasi UAE di Indonesia.

Hal itu menjadi salah satu pokok diskusi ketika kedua pemimpin negara bertemu di Istana Al Shatie, Abu Dhabi, UAE, Jumat (1/7) waktu setempat, demikian disampaikan oleh Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam keterangan persnya.

Pewarta: Sanya Dinda Susanti
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022