Jakarta (ANTARA) - Promosi kejuaraan lari internasional Maybank Bali Marathon 2022 yang bakal berlangsung di Bali Safari & Marine Park, Gianyar, 28 Agustus mendatang terus digencarkan dan dilakukan di beberapa kota di Tanah Air hingga ke luar negeri.

"Di Car Free Day (CFD) hari ini adalah Road to Maybank Bali Marathon 2022 yang keenam. Selain di Jakarta kegiatan seperti ini juga kami dilakukan di Medan, Bandung dan Kuala Lumpur (Malaysia)," kata Project Director Maybank Marathon, Widya Permana di Jakarta, Minggu.

Menurut dia, Road to Maybank Bali Marathon 2022 akan terus dilaksanakan hingga pekan kedua Agustus dan diharapkan bisa menarik animo masyarakat mengingat kejuaraan ini merupakan satu-satunya di Indonesia yang masuk "Elite Label Road Race" dari World Athletics.

Baca juga: Maybank Marathon kembali digelar di Gianyar Bali

"Target peserta 10 ribu. Hingga saat ini sudah ada sekitar 8.500 pendaftar. Kami optimis target bisa terpenuhi mengingat ini kejuaraan bergengsi dan dua tahun terakhir harus absen karena pandemi," katanya menambahkan.

Demi merangsang peran serta masyarakat, kejuaraan yang terbagi dalam dua kategori yakni marathon (42,195 km), half-marathon (21,1 km), dan 10K bakal diguyur hadiah yang besar. Apalagi, kejuaraan ini bakal diikuti atlet internasional dan elite nasional.

"Hadiah akan menjadi kejutan. Kami pastikan akan menjadi yang terbesar di Indonesia. Harapan kami, kejuaraan ini bisa mencetak personal best serta bisa membangkitkan perekonomian dan wisata terutama di Bali," kata Widya Permana menegaskan.

Road to Maybank Bali Marathon 2022 dilakukan dengan lari bersama sejauh 10K yang melibatkan beberapa kalangan termasuk dari Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) dan kali ini diwakili langsung, Sekjen PB PASI Tigor Tanjung.

"Ini (Maybank Bali Marathon 2022) adalah kejuaraan yang luar biasa dan terjamin dalam beberapa aspek mulai standar perlombaan hingga aspek keselamatan. Keberadaannya jelas sangat bagus apalagi menjadi satu-satunya "Elite Label Road Race" di Indonesia," kata Tigor Tanjung.

Dengan level kejuaraan yang ada, lanjut Tigor, dipastikan akan dihadiri minimal 20 atlet elite internasional maupun nasional. Apalagi kejuaraan ini digelar setelah banyak yang terhenti karena pandemi COVID-19 yang cukup panjang.

"Untuk atlet elite internasional bisa dikondisikan. Kita akan melihat dulu jadwal mereka karena saat ini banyak yang fokus di track. Untuk elite Indonesia yang seperti biasa. Ada Agus Prayogo dan Odekta Naibaho," kata Tigor Tanjung.

Bagi PB PASI, lanjut Tigor, Maybank Bali Marathon 2022 selama ini mempunyai peranan penting karena bisa digunakan sebagai ajang kualifikasi maupun seleksi atlet yang bakal turun di kejuaraan level nasional maupun internasional.

"Sebelumnya kejuaraan ini digunakan kualifikasi PON dan seharusnya tahun ini kami gunakan untuk seleksi atlet yang disiapkan untuk Asian Games, tapi tidak jadi dilakukan karena Asian Games Hangzhou ditunda," pungkas Tigor Tanjung.

Baca juga: Agus Prayogo dan Odekta Naibaho juarai Borobudur Marathon 2021

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2022