Jakarta (ANTARA) - Perusahaan teknologi PT WIR Asia Tbk (WIR Group) menjalin kerja sama dengan Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung dan Institut Pembangunan Jawa Barat (Injabar) sebagai pelaksana pengembangan platform edukasi di metaverse (eduverse).

Baca juga: Perusahaan anak bangsa dipercaya bangun metaverse wisata Mediterania

"Kami melihat transformasi digital global melalui metaverse sudah sedemikian tinggi dengan tingkat kompetisi yang kian ketat, sehingga menuntut banyak lembaga pendidikan untuk ambil bagian dalam implementasi teknologi digital metaverse agar tetap berada pada jalur kompetisi," kata Wakil Rektor Bidang Organisasi dan Perencanaan Unpad Yanyan Mochamad Yani, dalam keterangan bersama yang diterima pada Minggu.

Direktur Injabar Keri Lestari menyatakan optimistis bahwa transformasi digital Injabar melalui metaverse dapat meningkatkan kapabilitas lembaga kajian ini.

"Untuk menjadi pendamping utama dan wadah pengetahuan bagi Jawa Barat dalam menyusun dan mengambil kebijakan, dalam rangka membangun daya saing dan kesejahteraan masyarakat Jawa Barat," kata dia.

Baca juga: WIR Group raih penghargaan di Mediterranean Tourism Awards 2022

Lebih lanjut Keri Lestari menjelaskan, Injabar Unpad memerlukan mitra dan dukungan untuk dapat menyelaraskan diri dengan kemajuan teknologi digital yang memiliki akselerasi dan dinamika yang tinggi.

"Untuk menghadirkan teknologi digital, selain dibutuhkan pengetahuan juga sarana aplikasi pendukung untuk dapat memanfaatkan dan memperoleh benefit optimal dari teknologi yang diharapkan akan berdampak positif bagi masyarakat banyak," ujarnya.

Sementara Chief Marketing Officer WIR Group Gupta Sitorus menyatakan apreasiasinya terhadap Unpad dan Injabar yang telah memilih WIR Group sebagai mitra dalam mengembangkan eduverse.

"Masuknya Injabar Unpad dalam dunia metaverse menambah daftar panjang sektor pendidikan, riset dan penelitian yang memanfaatkan teknologi metaverse untuk pengembangan berbagai lini dalam sistem pendidikan di kampus, serta kemampuan sumber daya manusia," ujar Gupta.

Ia melanjutkan, ini merupakan salah satu fase dari rangkaian kolaborasi pengembangan ekosistem untuk mendukung metaverse Indonesia di sektor pendidikan dan riset dan penelitian.

Sebelumnya, WIR Group telah menjalin kerja sama dengan institusi pendidikan lain, maupun dengan sektor industri dan bisnis, dalam rangka mendorong partisipasi pelajar dan mahasiswa dalam penggunaan dan pemanfaatan teknologi metaverse.


Baca juga: WIR Group dan 99VR kembangkan platform olahraga lari di metaverse

Baca juga: WIR Group kantongi lima paten global

Baca juga: WIR Group & CAKAP kolaborasi kembangkan metaverse di sektor pendidikan

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022