Manokwari (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah Papua Barat yang baru Inspektur Jenderal Polisi Daniel Tahi Monang Silitonga disambut prosesi adat saat tiba di Bandara Rendani Manokwari, Minggu.

Irjen Daniel Silitonga yang didampingi isterinya yaitu Ny Tathy Daniel Tahi Monang Silitonga dan putra sulungnya harus melalui prosesi 'injak piring' dan menerima penyematan mahkota Kasuari oleh Kepala Suku Besar Arfak Dominggus Mandacan.

Kondisi cuaca Kota Manokwari yang kurang bersahabat akibat diguyur hujan yang cukup lebat pada Minggu pagi itu tidak mengurangi suasana hikmat prosesi adat penyambutan Kapolda Papua Barat yang baru.

Irjen Daniel Silitonga menyampaikan pesan khusus Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo untuk menjaga situasi wilayah perairan dan pariwisata yang menjadi andalan Papua Barat dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Yang paling penting dari pesan Pak Kapolri untuk menjaga situasi kondusif daerah Papua Barat, terutama seluruh wilayah kelautan dan wilayah pariwisata yang ada di sini," ujarnya.

Kapolda juga mengapresiasi kehadiran jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan berharap kebersamaan dan sinergi terus dibangun untuk memajukan Papua Barat.

"Bukan hanya secara adat dengan tarian dan nyanyian selamat datang, kekeluargaan Forkopimda sangat baik. Ini membuktikan kita bisa selalu bersinergi untuk menjaga Papua Barat," kata Irjen Daniel Silitonga yang baru pertama kali bertugas di Papua Barat itu.

Irjen Daniel Silitonga resmi menjabat Kapolda Papua Barat menggantikan Irjen Pol Tornagogo Sihombing sejak dilantik oleh Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo pada Rabu, 29 Juni lalu di Jakarta.

Daniel Silitonga merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1990, berpengalaman dalam bidang reserse. Sebelum menjabat Kapolda Papua Barat, jenderal bintang dua ini adalah Widyaiswara Kepolisian Utama Tingkat I Sespim Lemdiklat Polri.

Baca juga: Irjen Pol. Daniel Tahi Monang Silitonga jabat Kapolda Papua Barat

Baca juga: Polda Papua Barat jamin keamanan selama W20 dan Y20 di Manokwari



 

Pewarta: Tri Adi Santoso
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2022