Denpasar (ANTARA) - Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar meraih penghargaan unggul capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) enam bidang kerja sama perguruan tinggi dengan mitra bereputasi internasional pada Liga Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Satuan Kerja (Satker) se-Indonesia.

"Penghargaan IKU, baik setiap indikator maupun seluruh indikator ini merupakan apresiasi Kemdikbudristek atas kinerja perguruan tinggi se-Indonesia," kata Rektor ISI Denpasar Prof Dr Wayan Kun Adnyana dalam keterangan tertulisnya di Denpasar, Minggu.

Indikator kinerja, di antaranya meliputi kualitas lulusan, pembelajaran Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM), kualitas dosen, akreditasi, kerja sama dengan mitra bereputasi, kurikulum, dan capaian SAKIP.

Baca juga: ISI Denpasar hadirkan 12 tokoh bereputasi dalam Bali-Bhuwana Waskita

Selain itu, ISI Denpasar juga meraih prestasi posisi tertinggi IKU pada Liga Perguruan Tinggi Seni Negeri Indonesia. Prestasi IKU yang diumumkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Diktiristek) ini merupakan capaian tahun 2021.

"Bersyukur, berkat kerja keras dan solidnya seluruh pimpinan, dosen, dan tenaga pendidik ISI Denpasar, capaian IKU tahun 2021 berhasil melampaui tahun 2020," ujarnya.

Pada tahun 2020, ISI Denpasar hanya bertengger pada posisi ketiga, di bawah ISI Yogyakarta dan ISI Surakarta. Namun, pada capaian IKU 2021, yang diumumkan penghargaannya pekan lalu, ISI Denpasar berhasil menempati posisi teratas.

"Bahkan, indikator kerja sama dengan mitra bereputasi, kami meraih terbaik pada liga PTN Satker, yang mana kompetisinya untuk seluruh universitas atau institut negeri Satker se-Indonesia. Tentu ini sangat membanggakan, " ucap Kun Adnyana,

Penyerahan penghargaan dilakukan oleh Plt Dirjen Diktiristek Prof Nizam kepada Rektor ISI Denpasar Prof Dr Wayan Kun Adnyana, di Jakarta, Senin (17/6)

Menteri Dikbudristek Nadiem Makarim yang hadir menyaksikan penyerahan penghargaan itu menjelaskan bahwa kompetisi pencapaian IKU pada Perguruan Tinggi Negeri merupakan ajang untuk peningkatan prestasi perguruan tinggi dalam membangun kualitas layanan dan daya saing.

Baca juga: ISI Denpasar dan mitra teken SPK Merdeka Belajar secara "drive thru"

Kompetisi terbagi dalam beberapa liga, baik antar- indikator maupun keseluruhan indikator, yakni Liga PTN Badan Hukum, PTN Badan Layanan Umum, PTN Satker, dan PTN Seni Satker.

Lebih lanjut, Prof Dr Wayan Kun menyampaikan bahwa begitu dilantik sebagai Rektor ISI Denpasar pada 22 Maret 2021, pembenahan telah dilakukan guna menjawab kontrak IKU yang ditandatangani Dirjen dan rektor masing-masing perguruan tinggi.

"Mulai dari menyusun dan memberlakukan kurikulum MBKM untuk seluruh program studi (prodi) sarjana dan sarjana terapan, menjalin kerja sama dengan mitra strategis secara masif dan memberi fasilitasi peningkatan kualitas penelitian dosen," ujarnya.

Termasuk, lanjut dia, mendirikan Jurnal Ilmiah pada setiap prodi, dan menciptakan wahana diseminasi baru berupa Bali Sangga Dwipantara (skala nasional) dan Bali Padma Bhuwana (skala internasional).

"Secara berkala dilakukan evaluasi akselerasi pencapaian IKU, serta secara disiplin melaporkan capaian kinerja," ujar Guru Besar bidang Sejarah Seni Rupa itu.

Wakil Rektor bidang Akademik, Kemahasiswaan dan alumni ISI Denpasar Dr Anak Agung Gede Rai Remawa menambahkan upaya menjalin kerja sama dengan mitra strategis untuk setiap prodi dilakukan secara masif, dan betul-betul menjawab kebutuhan penyelenggaraan pembelajaran di luar institut sesuai kurikulum MBKM kami.

Pada 2021, walaupun pandemi COVID-19 masih tinggi waktu itu, penandatanganan kerja sama tetap dilakukan dengan metode penandatangan tanpa pertemuan atau tanpa turun dari kendaraan.

"Kami juga dedikasikan penghargaan Sewaka Kerthi Mahawidya Nugraha kepada seluruh mitra bereputasi," kata doktor Desain lulusan Institut Teknologi Bandung ini.

Dr Agung Rai Remawa menambahkan guna mewadahi talenta muda bidang seni dan desain lulusan SMA/SMK empat tahun terakhir, pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur Mandiri ISI Denpasar diperpanjang sampai Rabu, 6 Juli 2022.

Sembilan program studi sarjana dan sarjana terapan yang diperpanjang tersebut, yakni Animasi, Desain Produk, Desain Mode, Kriya, Musik, Pendidikan Seni Pertunjukan, Seni Karawitan, Tari dan Seni Pedalangan.

"Bagi lulusan Sarjana Rumpun Humaniora silakan mendaftar pada Prodi Pendidikan Seni Program Magister dan Prodi Seni Program Magister," ujar Rai Remawa.

Pendaftaran Prodi Magister diperpanjang sampai Jumat, 15 Juli 2022. ISI Denpasar dengan Akreditasi Perguruan Tinggi A memastikan pelayanan pendidikan terlaksana unggul. Talenta muda kreatif mari mendaftar dan bergabung dengan ISI Denpasar”.

Baca juga: ISI Denpasar luncurkan Sentra Kekayaan Intelektual

Baca juga: Wagub Bali dukung transformasi kelembagaan ISI Denpasar


Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama ISI Denpasar Prof Dr I Komang Sudirga menambahkan hari ini tata kelola perguruan tinggi mesti ditopang kerja sama lintas bidang, baik dengan mitra perguruan tinggi, pemerintah, maupun swasta.

"ISI Denpasar sejak tahun lalu telah melibatkan lebih dari 100 mitra bereputasi, termasuk kalangan profesional dan maestro seni serta desain," katanya.

Penghargaan terbaik untuk capaian IKU tahun 2021, menjadi catatan prestasi ISI Denpasar dalam mengimplementasikan kampus seni ini sebagai Pusat Hub Seni dan Kreativitas kelas dunia, Global-Bali Arts and Creativity Centre Hub (G-BACCH).
Rektor ISI Denpasar Prof Dr Wayan Kun Adnyana saat menerima penghargaan dari Plt Dirjen Diktiristek Prof Nizam beberapa waktu lalu.
​​​​​​​ ANTARA/HO-ISI Denpasar.

Pewarta: Ni Luh Rhismawati
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022