Kendari (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), memprediksi hujan lebat disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi di delapan wilayah di provinsi tersebut.

Koordinator Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim Kendari Faizal Habibie dalam keterangan tertulis Humas BMKG Sultra, Minggu, mengatakan delapan daerah berpotensi diguyur hujan sedang hingga lebat.

"Peringatan dini cuaca di wilayah Sultra berpotensi hujan sedang hingga lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang di delapan daerah yakni Kabupaten Kolaka, Kolaka Timur, Konawe, Konawe Selatan, Konawe Utara, Konawe Kepulauan, Buton Utara, dan Kota Kendari," katanya.

Baca juga: BMKG keluarkan peringatan hujan lebat di sejumlah wilayah Indonesia

Faizal menjelaskan di Kabupaten Kolaka potensi hujan sedang hingga lebat dapat terjadi di Kecamatan Wundulako, Kolaka, Latambaga yang dapat meluas ke Pomalaa, Baula, dan Samaturu.

Selanjutnya di Kabupaten Kolaka Timur, potensi hujan sedang hingga lebat dapat terjadi di Kecamatan Tirawuta, Loea, Ladongi, Lalolae, Mowewe, Tinondo yang dapat meluas ke Poli Polia, Lambandia, Uluiwoi, Aere, dan Dangia.

Kemudian di Kabupaten Konawe, hujan berpotensi terjadi di Kecamatan Lambuya, Unaaha, Wawotobi, Pondidaha, Sampara, Soropia, Tongauna, Puriala, Uepai, Wonggeduku, Besulutu, Anggaberi, Meluhu, Amonggedo, Konawe, Lalonggasumeeto, Onembute, Wonggeduku Barat, Anggotoa yang dapat meluas ke Abuki, Latoma, Bondoala, Asinua, Kapoiala, Padangguni, Morosi, Anggalomoare, dan Tongauna Utara.

Berikutnya di Kabupaten Konawe Selatan potensi hujan di Kecamatan Tinanggea, Angata, Andoolo, Landono, Konda, Ranomeeto, Kolono, Moramo, Laonti, Benua, Mowila, Moramo Utara, Buke, Wolasi, Baito, Ranomeeto Barat, Sabulakoa, Andoolo Barat yang dapat meluas ke Palangga, Lainea, Lalembuu, Palangga Selatan, Laeya, Basala, dan Kolono Timur.

Baca juga: BMKG Sultra minta warga waspada potensi hujan lebat disertai petir

Di Kabupaten Konawe Utara potensi hujan di Kecamatan Lasolo yang dapat meluas ke Asera, Langgikima, Molawe, Lembo, Sawa, Oheo, Andowia, Motui, Lasolo Kepulauan, dan Landawe.

"Di Kabupaten Konawe Kepulauan potensi hujan sedang hingga lebat dapat mengguyur wilayah di Kecamatan Wawonii Barat, Wawonii Timur Laut, Wawonii Tengah, yang dapat meluas ke Wawonii Utara dan sekitarnya," ujar dia.

Selanjutnya di Kabupaten Buton Utara potensi hujan lebat dapat mengguyur Kecamatan Wakorumba Utara.

Di wilayah Kota Kendari juga berpotensi diguyur hujan sedang hingga lebat yakni di Kecamatan Mandonga, Kendari, Baruga, Poasia, Kendari Barat, Abeli, Wua-wua, Kadia, Puuwatu, Kambu, Nambo, dan sekitarnya.

Selain di delapan daerah tersebut, potensi hujan sedang hingga lebat juga dapat terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Bombana utamanya di Kecamatan Poleang Timur, Rarowatu, Rumbia, Mata Oleo, Rarowatu Utara, Poleang Utara, Poleang Tenggara, Lantari Jaya, dan Mata Usu.

Baca juga: BMKG Sultra: Waspada bencana hidrometeorologi dampak cuaca ekstrem

BMKG Sultra mengimbau masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak potensi cuaca hujan lebat yang dapat ditimbulkan seperti banjir, genangan, angin kencang, pohon tumbang, hingga jalan licin.

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022