Makassar (ANTARA) - Kontingen Kabupaten Sorong, Papua Barat, keluar sebagai juara umum pada kejuaraan Shorinji Kempo Rektor Unhas Cup (RUC) se-Indonesia di GOR Unhas Makassar, Minggu.

Tim kempo Sorong berhak menjadi yang terbaik setelah mengumpulkan sebanyak 150 poin dengan koleksi dua medali emas, empat perak dan delapan perunggu.

Poin kontingen Kabupaten Sorong cukup jauh meninggalkan Kontingen Kutai Kartanegara (Kukar) diposisi kedua dengan 138 poin, hasil dari perolehan empat emas, dua perak dan enam perunggu.

Sementara di peringkat ketiga ditempati Kontingen Makassar yang mengumpulkan 135 poin dari raihan enam emas, tiga perak dan satu perunggu.

"Jadi penilaian juara umum bukan ditentukan oleh perolehan medali emas namun total nilai dari seluruh medali yang terkumpul. Untuk itu, Makassar meski sukses meraih enam emas namun kurang raihan perak dan perunggu sehingga ditempat ketiga," kata Sekretaris Umum Perkemi Sulawesi Selatan Bonay Syam

Sementara itu, Wakil Ketua Persaudaraan Shorinji Kenpo Indonesia (Perkemi) Sulawl Ichwan Nyiolah, mengatakan Kejuaraan RUC akan kembali digelar pada tahun depan sehingga seluruh atlet harus terus fokus memaksimalkan kemampuan.

Pada pelaksanaan tahun ini diikuti 250 atlet yang bersaing di sejumlah nomor pertandingan. Untuk putra yakni randori kelas 45kg, randori kelas 50kg, randori kelas 55kg, randori kelas 60kg, randori kelas 65kg, randori kelas 70kg, randori kelas> 70kg, embu Berpasangan III Kyu, Embu Berpasangan II Kyu, Embu Berpasangan I Kyu, Embu Berpasangan Yudansha dan Embu Beregu Kyu Kenshi

Selanjutnya untuk putri yakni randori kelas 45kg, randori kelas 50kg, randori kelas 55kg, randori kelas 60kg, randori kelas >60 kg, Embu Berpasangan III Kyu, Embu Berpasangan II Kyu, Embu Berpasangan I Kyu, Embu Berpasangan Yudansha, dan Embu Beregu Kyu Kenshi

Sementara untuk kelompok campuran yakni Embu Berpasangan III Kyu, Embu Berpasangan II Kyu, Embu Berpasangan I Kyu, Embu Berpasangan Yudansha dan Embu Beregu Kyu Kenshi.

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2022