Koba, Babel, (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, tahun ini kembali menggulirkan program bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) untuk mewujudkan hunian yang layak bagi warga kurang mampu.

"Untuk tahap awal ini tercatat 100 unit rumah untuk warga kurang mampu di Kecamatan Lubuk Besar," kata Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman di Koba, Minggu.

Baca juga: Rachmat Gobel sebut BSPS atasi masalah perumahan di daerah

Bupati menjelaskan, program BSPS difokuskan pada tiga desa di Kecamatan Lubuk Besar yaitu Desa Perlang, Batu Beriga, dan Desa Lubuk Besar.

Menurut dia, BSPS merupakan program dari Kementerian PUPR yang diteruskan ke daerah untuk membantu merenovasi bangunan rumah masyarakat agar mendapatkan hunian yang nyaman.

"Pemerintah daerah membantu merenovasi rumah warga dengan menyiapkan material bangunan dan upah pekerja senilai Rp20 juta," ujarnya.

Baca juga: 2.342 rumah di Kubu Raya dapat bantuan BSPS

Ia mengatakan masyarakat yang menjadi sasaran dari program ini sudah melalui proses verifikasi dan seleksi dari dinas terkait.

"Saya minta masyarakat bisa saling bergotong royong dalam merenovasi rumah sehingga dapat menekan biaya upah tukang," ujarnya.

Ia meminta penerima manfaat dari program BSPS bisa mengelola anggaran senilai Rp20 juta itu secara efektif.

Baca juga: Kementerian PUPR: Program bedah rumah atasi permasalahan RTLH

"Kelola anggaran itu dengan baik sehingga cukup untuk melakukan renovasi rumah menjadi layak huni," ujarnya.
 

Pewarta: Ahmadi
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022