Formula 1

Grand Prix Inggris terhenti sementara menyusul kecelakaan Zhou Guanyu

Grand Prix Inggris terhenti sementara menyusul kecelakaan Zhou Guanyu

Mobil tunggangan pebalap Alfa Romeo Zhou Guanyu dievakuasi setelah terlibat kecelakaan di lap pembuka Formula 1 seri Grand Prix Inggris di Sirkuit Silverstone, Inggris, Minggu (3/7/2022). ANTARA/REUTERS/Pool/Matt Dunham/aa.

Jakarta (ANTARA) - Grand Prix Inggris di Sirkuit Silverstone pada Minggu dihentikan sementara menyusul insiden kecelakaan yang melibatkan pebalap Alfa Romoe Zhou Guanyu dan sejumlah pebalap di lap pembuka setelah start.

Zhou menjadi korban tabrakan beruntun yang melibatkan George Russel dan Pierre Gasly yang mengirim mobil Alfa Romeonya terbalik di lintasan sebelum menabrak pagar pembatas di Abbey.

Insiden tersebut terjadi setelah mobil Gasly dipepet Zhou dan Russell, yang akibatnya mobil Mercedes nomor 63 itu kehilangan kendali dan menabrak mobil Zhou sebelum tikungan 1 dengan kecepatan tinggi.

Russell terlihat berlari di tempat kejadian untuk membantu mengevakuasi Zhou.

Baca juga: Sainz kalahkan Verstappen di Silverstone yang basah untuk pole perdana

"Menyusul kecelakaan di start Grand Prix Inggris, Zhou Guanyu sadarkan diri dan sekarang berada di pusat medis sirkuit untuk menjalani pemeriksaan," demikian pernyataan resmi Alfa Romeo lewat Twitter.
 
Mobil Mercedes Russell dikembalikan ke pit dan kru tim berupaya mempersiapkan mobil tersebut siap untuk restart balapan.

Alexander Albon, Sebastian Vettel dan Esteban Ocon terlibat di kecelakaan terpisah setelah start. Sang pebalap Williams mendapati mobilnya menabrak pagar sisi kanan saat berupaya mengerem menghindari kecelakaan.

Bendera merah dikibarkan yang menunda jalannya balapan, sementara Max Verstappen memimpin lomba setelah menyalip polesitter Carlos Sainz, demikian laman resmi Formula 1.

Baca juga: Penyelenggara Grand Prix Inggris bersiap antisipasi ancaman protes
Baca juga: Bos Mercedes yakin Hamilton punya peluang menang di Silverstone

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar