Catur

Juarai Candidates Tournament, Nepomniachtchi tantang Carlsen

Juarai Candidates Tournament, Nepomniachtchi tantang Carlsen

ilustasi - Turnamen catur (Foto: Ilustrasi/Net/)

Jakarta (ANTARA) - Ian Nepomniachtchi akan menghadapi juara dunia Magnus Carlsen pada 2023 setelah pecatur Rusia itu menjuarai Candidates Tournament di Madrid pada Minggu waktu setempat.

Pecatur berusia 31 tahun itu membutuhkan setengah poin untuk memastikan posisinya sebagai penantang Carlsen dan meraihnya dengan bermain remis melawan pecatur Hungaria Richard Rapport untuk memastikan gelar Candidates kedua berturut-turut.

Nepomniachtchi mesti berlomba dalam bendera netral di Madrid setelah atlet Rusia dijatuhi sanksi menyusul invasi negara mereka ke Ukraina.

Pertemuannya dengan Carlsen yang lima kali menjuarai dunia terakhir ini masih jauh dari kesepakatan karena pecatur asal Norwegia itu mengatakan Desember lalu bahwa dia tidak yakin mau mempertahankan tiara juara dunia dengan alasan kurang motivasi.

Mengutip laporan Reuters, dalam skenario seperti itu, Nepomniachtchi akan menghadapi pecatur yang menjadi runner-up Candidates Tournament yang saat ini dipegang pecatur Amerika Serikat Hikaru Nakamura.

Baca juga: Putin ganjar Sergey Karjakin dengan anugerah negara
Baca juga: Pecatur Karjakin dikenai larangan 6 bulan karena komentar pro Rusia

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar