Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita humaniora yang memperoleh perhatian pembaca pada Ahad (3/7) serta masih menarik untuk disimak hari ini mulai dari laporan terkini dari Tanah Suci, Harmonisasi protokol kesehatan global, hingga gempa guguran Gunung Merapi.

Berikut ini sejumlah rangkuman berita humaniora:

1. Sebanyak 240 kloter jamaah calon haji Indonesia sudah tiba di Mekkah

Sebanyak 240 kloter jamaah calon haji Indonesia sudah tiba di Mekkah, Arab Saudi sehingga seluruh jamaah haji reguler sudah di Tanah Suci.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini

2. Jamaah safari wukuf jadi 119 orang

Sebanyak 119 jamaah calon haji akan menjalani safari wukuf saat puncak haji 1443 H/2022 M karena kondisi kesehatan yang tidak memungkinkan untuk wukuf mandiri.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini

3. QR code WHO untuk harmonisasi protokol kesehatan global

Pandemi COVID-19 mempengaruhi banyak sektor, antara lain perdagangan, pariwisata, pendidikan, dan ekonomi. World Tourism Organization (WTO) melaporkan, kedatangan wisatawan internasional terus menurun dari capaian 2019. Pada 2020 mencapai 73 persen dan 72 persen pada 2021.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini

4. BMKG keluarkan peringatan hujan lebat di sejumlah wilayah Indonesia

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini prakiraan hujan lebat disertai kilat dan angin kencang yang berpotensi terjadi di sejumlah wilayah Indonesia pada Minggu (3/7).

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini

5. Gunung Merapi mengalami 75 kali gempa guguran

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menyatakan Gunung Merapi di perbatasan Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah mengalami 75 kali gempa guguran selama periode pengamatan pada Sabtu (2/7) pukul 00.00-24.00 WIB.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022