Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan kondisi cuaca di sejumlah kawasan kota besar di Indonesia diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga disertai petir, Senin.

Dilansir dari laman www.bmkg.go.id informasi cuaca di Pulau Sumatera secara umum diperkirakan terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan, Bengkulu terdapat potensi hujan dengan intensitas sedang.

Tanjungpinang, Pangkalpinang dan Padang diperkirakan cerah berawan. Sedangkan Jambi perkirakan berkabut.

Menuju ke Pulau Jawa, prakiraan cuaca di Semarang dan Yogyakarta diperkirakan berawan hingga berawan tebal. Surabaya dan Bandung terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan.

Baca juga: BMKG perkirakan hujan merata di DKI Jakarta pada Senin

Baca juga: BMKG sebut hujan lebat berpotensi terjadi di delapan wilayah di Sultra


Untuk wilayah Serang diperkirakan terdapat potensi hujan dengan intensitas sedang dan perlu diwaspadai potensi hujan disertai petir di wilayah Jakarta.

Kondisi cuaca di Pulau Kalimantan secara umum terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang. Wilayah Denpasar diperkirakan cerah berawan, Kupang berawan. Hujan dengan intensitas ringan diprakirakan mengguyur Mataram.

Beralih ke Pulau Sulawesi, secara umum diperkirakan terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan, Manado diperkirakan terdapat potensi hujan dengan intensitas lebat. Wilayah Palu perlu diwaspadai potensi hujan disertai petir.

Prakiraan cuaca di wilayah timur Indonesia, yakni Manokwari diperkirakan berawan dan Jayapura diperkirakan terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan. Wilayah Ternate dan Ambon diperkirakan hujan dengan intensitas sedang.

Curah hujan yang melanda sejumlah kawasan ibu kota dipengaruhi sirkulasi siklonik di perairan Timur Filipina dan di Samudera Hindia Barat Bengkulu yang membentuk daerah konvergensi di sepanjang Samudra Pasifik Utara Papua Barat hingga perairan Timur Filipina dan di Samudera Hindia Selatan Banten.

BMKG juga mendeteksi daerah konvergensi memanjang dari Laut Jawa hingga pesisir Timur Lampung, dari Laut Banda hingga Sulawesi tengah bagian timur, di Laut Arafuru hingga perairan Kepulauan Aru, dari perairan Kepulauan Kai hingga Pulau Seram, dan dari Laut Seram bagian barat hingga Laut Maluku bagian utara.

Situasi suhu udara di Indonesia berkisar antara 23 hingga 33 derajat Celcius dengan tingkat kelembapan mencapai 60 hingga 100 persen.*

Baca juga: BMKG keluarkan peringatan hujan lebat di sejumlah wilayah Indonesia

Baca juga: Sebagian Jakarta diprakirakan hujan pada Minggu

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022