Mekkah (ANTARA) - Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas setibanya di Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah pada Senin dini hari berpesan kepada petugas dan jamaah calon haji untuk menjaga kesehatan menjelang puncak haji wukuf di Arafah 9 Dzulhijjah 1443 H (8 Juli 2022).

"Saya harap di sisa waktu sampai puncak ibadah haji, petugas dan jamaah tetap jaga kesehatan dan perdalam manasik," kata Menag dikutip dari Media Center Haji di Jeddah, Senin.

Menag tiba di Arab Saudi dengan pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 982 yang mendarat di bandara Jeddah pukul 01.09 Waktu Arab Saudi.

Baca juga: Wamenag sapa jamaah calon haji di pemondokan ingatkan jaga kesehatan

Pesan tersebut disampaikan Menag karena cuaca di Arab Saudi tidak seperti di Tanah Air. Rata-rata suhu udara di Mekkah mencapai 44-45 derajat Celsius.

"Petugas jangan lupa tetap bertugas sesuai kewajiban, melayani jamaah dengan baik, karena jika jamaah terlayani dengan baik, mereka bisa beribadah dengan baik dan semua mendapat haji mabrur dan mabrurah," katanya.

Menag mengaku mengikuti informasi seputar penyelenggaraan ibadah haji. Ia banyak mendapat informasi terkait kebahagiaan jamaah dalam menjalani ibadah haji.

"Semoga kebahagiaan ini bertahan hingga semua pulang. Saya melihat pelayanannya pun sangat baik," ujar Menag yang akrab disapa Gus Men.

Baca juga: Anggota DPR imbau jamaah calon haji fokus jaga stamina

Pada kesempatan itu, Gus Men juga menyampaikan terima kasih kepada Raja Salman, Putra Mahkota Muhammad bin Salman, dan Menteri Haji Arab Saudi yang telah memberikan banyak kemudahan sehingga pelayanan kepada jamaah lebih baik.

"Di Indonesia, kita juga banyak dibantu oleh Kedubes Arab Saudi sehingga kita bisa memberikan beragam fasilitas agar jamaah bisa beribadah dengan baik dan lancar," katanya.

Penerbangan jamaah haji Indonesia untuk kuota reguler sudah berakhir. Kloter 43 Embarkasi Solo (SOC) 43 yang mendarat Minggu, 3 Juli 2022 siang, menandai berakhirnya fase kedatangan.

Baca juga: Tim kesehatan kampanyekan istirahat hadapi puncak haji di Armuzna

Total sebanyak 92.668 calon haji reguler Indonesia telah diberangkatkan ke Tanah Suci, sejak 4 Juni sampai 3 Juli 2022.
 

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022