DKI adalah daerah yang sangat besar dan menentukan di negeri ini. Saya berjanji kami akan back up Pak Gubernur. Kami support system apa yang pemprov mau sepanjang kami punya kemampuan
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pertanian (Kementan) memasok kebutuhan pangan untuk wilayah DKI Jakarta yang didatangkan dari sejumlah daerah Indonesia dalam rangka mengantisipasi kenaikan permintaan masyarakat menjelang Hari Raya Idul Adha.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo dalam peluncuran Dukungan Kementerian Pertanian dalam Penyediaan Ternak Kurban dan Pangan Strategis Bagi Wilayah DKI Jakarta di Kantor Kementerian Pertanian Jakarta, Senin, mengatakan bahwa dukungan tersebut dilakukan dalam upaya menjaga ketersediaan pangan di Jakarta.

Mentan mengatakan pihaknya sudah melakukan pemetaan terkait pasokan dan permintaan pangan di Indonesia.

"Intinya saya dengan Pemprov DKI dan dengan gubernur lain terbuka untuk melakukan supporting system terhadap kebutuhan pangan yang ada di masing-masing wilayah. Kita mau yakinkan bahwa suplai kita cukup dan neraca kita aman," kata Mentan Syahrul Yasin Limpo.

Baca juga: Stabilkan harga, Kementan gelontorkan cabai di enam pasar DKI

Kementan memasok beberapa pangan pokok untuk wilayah DKI seperti cabai, bawang merah, dan sapi potong untuk kebutuhan hewan kurban.

Khusus untuk cabai dan hewan ternak, Menteri Syahrul memastikan akan ada pasokan besar dari sejumlah daerah sentra seperti Sumedang, Wonosobo, Temanggung, Kediri bahkan dari pulau Sulawesi.

Sedangkan untuk keamanan hewan ternak, Menteri Syahrul Yasin Limpo juga memastikan proses vaksinasi terus berjalan dan sapi yang keluar dari zona merah sudah melalui pemeriksaan, karantina, dan pemberian vitamin.

"DKI adalah daerah yang sangat besar dan menentukan di negeri ini. Saya berjanji kami akan back up Pak Gubernur. Kami support system apa yang pemprov mau sepanjang kami punya kemampuan, sepanjang baik untuk negara kami siap," kata Mentan Syahrul.

Baca juga: BI DKI: Komoditas pangan strategis jelang lebaran cukup dan aman

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022