Jakarta (ANTARA) - Ajinomoto merayakan hari jadinya yang ke-53 tahun di Indonesia dengan terus memperkuat komitmennya untuk meningkatkan harapan hidup sehat masyarakat Indonesia serta menjaga kelestarian lingkungan.

"Hadir di Indonesia sejak Juli 1969, Ajinomoto Indonesia Group berpegang pada Ajinomoto Shared Value (ASV) yang berfokus pada pilar kesehatan dan kesejahteraan, sumber daya pangan, dan keberlanjutan global," kata Shinichi Matsumoto - Presiden Direktur PT Ajinomoto Indonesia dalam siaran pers pada Senin.

Ajinomoto, kata Matsumoto, terus berkontribusi untuk kesehatan yang lebih baik bagi keluarga Indonesia, dengan membuka kekuatan dari asam amino untuk mengatasi masalah makanan dan kesehatan yang terkait dengan kebiasaan makanan (dietary habits) dan penuaan (aging) melalui kontribusi untuk perbaikan dalam makanan, kesehatan, dan kehidupan yang bermanfaat.

Baca juga: Ajinomoto Indonesia berbagi di bulan penuh berkah dengan mengutamakan produk yang aman & halal

Baca juga: Hari Bumi momen memilah sampah dari rumah


Indonesia hijau

Lewat slogan global "eat well, live well", Ajinomoto mengklaim konsisten melakukan praktik ekonomi sirkular untuk menciptakan proses produksi ramah lingkungan sambil mempertahankan dan meningkatkan efisiensi produksi dari hulu hingga hilir pada proses produksi yang ada. Di hulu, dengan teknologi yang dimiliki, Ajinomoto menekan penggunaan raw materials untuk meningkatkan produktivitas.

Pada proses tersebut hingga mencapai hilir nya, dihasilkan co-product atau produk samping yang memiliki nilai jual dan bisa diaplikasikan di bidang pertanian misalnya dalam bentuk padat menjadi pembenah tanah GCC Mix, material pakan ternak TRITAN, dan beberapa co-product lainnya yang juga mempunyai nilai jual.

Sementara itu pabrik Ajinomoto di Mojokerto juga telah melakukan berbagai upaya untuk mencapai Zero Waste yang merupakan upaya meminimalkan dan mengurangi pencemaran lingkungan hingga ke titik nol. Berbagai upaya telah dilakukan Ajinomoto, seperti pengurangan emisi karbon, pengurangan konsumsi air, penerapan Bio-Cycle & Eco-Activity yang menghasilkan co-product seperti Pupuk AJIFOL, AMINA, dan bahan baku pakan ternak FML, selain itu ada juga peningkatan pengelolaan air limbah supaya ketika disalurkan ke Sungai Brantas kualitas airnya menjadi lebih baik dan bersih.

Matsumoto juga menjelaskan mengenai usaha Ajinomoto dalam kegiatan konservasi air, “kami juga berkomitmen mendukung pelestarian lingkungan dengan mengurangi penggunaan air hingga 31 persen, dari based line tahun 2016, dengan melakukan penghematan melalui peningkatan kualitas air (water treatment) pada aktivitas produksi."

Kegiatan reduce, reuse, recovery, dan recycle untuk penggunaan air di setiap aktivitas juga dilakukan. Meski dengan mengurangi penggunaan air hingga 31 persen, kemampuan produksi MSG dan seasoning lain tidak terganggu dan masih bisa meningkat.

Untuk udara yang lebih baik, Ajinomoto berpartisipasi dalam menurunkan tingkat emisi karbon di Indonesia dengan mengurangi 38.500 ton CO2 (emisi karbon) dengan mengurangi konsumsi bahan bakar seluruh transportasi di tempat kerja serta memangkas penggunaan tenaga listrik. Seperti yang kita tahu, emisi karbon merupakan salah satu penyumbang pencemaran udara yang berdampak buruk pada kesehatan manusia dan lingkungan.

Kesehatan lingkungan sekitar menjadi hal penting yang menjadi perhatian, karena kualitas hidup manusia sangat bergantung dari seberapa bersihnya ekosistem di sekitar. Jumlah sampah plastik yang dari tahun ke tahun kian menumpuk menjadi masalah yang harus dituntaskan berbagai pihak. Dalam hal ini Ajinomoto Indonesia mengambil Langkah konkrit pengurangan material plastik misalnya dengan mengurangi hingga 9,5 persen penggunaan material plastik di setiap kemasannya.

Inisiasi dalam kesehatan

Nutrisi yang baik merupakan modal penting bagi pertumbuhan generasi masa depan Indonesia.

"Anak Indonesia membutuhkan nutrisi yang baik dan lengkap untuk tumbuh. Dengan nutrisi yang lengkap, perkembangan mental dan fisik anak Indonesia akan bertambah baik,sehingga dapat tumbuh menjadi bangsa yang kuat. School Lunch Program (SLP) menjadi salah satu inisiasi Ajinomoto dalam rangka mencegah masalah malnutrisi pada anak-anak. Kami menggandeng Institut Pertanian Bogor (IPB), dan menggelar program SLP yang kami laksanakan di pesantren penerima program”, ujar Matsumoto.

Melalui program tersebut, didapatkan hasil yang positif dengan adanya perbaikan gizi para santri. "Tidak berhenti disana, kami juga bekerja sama dengan Dept. Gizi Masyarakat IPB & Kementerian Agama RI untuk menghadirkan buku panduan SLP yang berisikan edukasi gizi, tips pelaksanaan program, dan berbagai aplikasi menu lezat bergizi seimbang."

Di awal program, SLP memilih enam pesantren sebagai pilot proyek yang kemudian berkembang dan menargetkan menjadi 12 pesantren. Program SLP yang dijalankan Ajinomoto ini berhasil mengurangi delapan persen kejadian anemia di kalangan santri Pondok Pesantren Pertanian Darul Falah Bogor dan 20,9 persen di Pondok Pesantren Darussalam Bogor. Berangkat dari kisah sukses ini, Ajinomoto berkomitment untuk terus kontribusi untuk mengatasi masalah gizi anak di Indonesia.

Mendukung program ini, bersama dengan Kementerian Agama RI, Ajinomoto juga menyusun tiga buku panduan yang terdiri dari buku modul edukasi gizi di pesantren yang bermanfaat untuk membekali tenaga pengajar pengetahuan dasar tentang gizi dan kesehatan untuk anak dan remaja, modul penyediaan makan bergizi seimbang di pesantren, serta kumpulan resep dan pilihan aplikasi menu lezat bergizi seimbang.

Sistem jaminan halal

Sistem Jaminan Halal (SJH) juga konsisten diterapkan di semua pabrik, ini dibuktikan Ajinomoto berhasil mempertahankan predikat A dan meraih “HAS Award 2021” yang diselenggarakan pada 31 Mei 2021 oleh LPPOM MUI.

"Penghargaan tersebut memberikan motivasi serta kebanggaan bagi perusahaan untuk terus memenuhi kebutuhan dan harapan masyarakat dan pelanggan sebagai prioritas utama," kata Matsumoto.

Aplikasi dari asam amino yang merupakan fokus utama perusahaan itu disebut dapat membantu menciptakan makanan lezat, mendukung pertumbuhan, perkembangan, pemulihan dan mendukung kesehatan fisik masyarakat Indonesia. Melalui ini, kami percaya bahwa keluarga Indonesia dapat tumbuh bahagia, sehat dan akan menjadi bangsa yang kuat.

Baca juga: Ajinomoto Indonesia sajikan menu "Kachimeshi" di SEA Games ke-31

Baca juga: Baznas dan Ajinomoto salurkan bantuan banjir NTT

Baca juga: Ulang Tahun ke-50, Ajinomoto Indonesia resmikan Visitor Center

Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022