“Kalau produk yang paling diminati, sepertinya semua diminati. Rata sih pengunjungnya (di setiap peserta stand KJRI),” kata Atase Ekonomi KJRI Penang Kiki Tjahjo Kusprabowo saat dihubungi dari Kuala Lumpur, Senin.
Kuala Lumpur (ANTARA) - KJRI Penang berpartisipasi dengan memamerkan berbagai produk unggulan Indonesia di Ekspo dan Konferensi Halal Internasional Penang ke-11 (the 11th PIHEC) yang digelar dari 1-3 Juli 2022.

“Kalau produk yang paling diminati, sepertinya semua diminati. Rata sih pengunjungnya (di setiap peserta stand KJRI),” kata Atase Ekonomi KJRI Penang Kiki Tjahjo Kusprabowo saat dihubungi dari Kuala Lumpur, Senin.

Partisipasi KJRI Penang dalam PIHEC ke-11, setelah di 2020 hanya mengikuti secara daring dan di 2021 tidak dilaksanakan karena masih dalam masa pandemi COVID-19, bertujuan mendorong dan mempromosikan produk-produk Indonesia guna memacu ekspor ke Malaysia, khususnya ke Penang.

KJRI Penang ingin mempromosikan produk-produk Indonesia, khususnya dari industri halal. Dan berharap melalui ekspo yang diadakan di Setia SPICE Penang tersebut membuat produk-produk Indonesia, khususnya produk halal, dapat semakin dikenal.

Tujuan akhir dari kesertaan tersebut ia mengatakan dapat meningkatkan ekspor, sehingga menekan defisit perdagangan Indonesia terhadap Penang.

Peserta stand KJRI Penang terdiri dari tujuh perwakilan perusahaan yang tergabung dalam Asosiasi Eksportir dan Produser Handicraft Indonesia (ASEPHI).

Selain itu ada pula peserta dari Penang yang merupakan perusahaan-perusahaan Malaysia yang mempromosikan produk-produk Indonesia.

Adapun komoditas yang dipasarkan di stand KJRI Penang meliputi makanan dan minuman, fashion, aksesoris, perhiasan dan obat herbal untuk kesehatan.

Perusahaan Rana Jenitri menampilkan aksesoris yang terbuat dari butiran jenitri. Sedangkan Perusahaan Indah Mutiara Lombok dan Sentuhan Mutiara menampilkan berbagai macam perhiasan dari mutiara.

Lalu ada Roemah Kebaya Virlga, Amanda Tania, Batik Tanah Liek dan Zainal Songket yang mempromosikan kebaya, kain batik, kain songket, baju batik untuk laki-laki dan perempuan.

Produk makanan dan minuman berupa biji kopi Indonesia dengan tester, dihidangkan oleh SiTigun Café. Mie goreng instant disajikan oleh IndoFood dan aneka sambal serta kerupuk ikan digelar oleh Restauran Nona Bali dan Restauran Uwong Palembang.

Untuk lebih menyemarakkan kesan Indonesia, Stand KJRI Penang ditata sedemikian rupa dengan latar belakang 10 Destinasi Baru Indonesia (di luar Bali), benda-benda budaya serta penayangan klip pariwisata dari berbagai obyek wisata seluruh Indonesia.

PIHEC ke-11 menampilkan 161 peserta termasuk peserta asing, di antaranya Indonesia, Vietnam, Thailand, Filipina dan Kamboja.

Konjen RI Penang beserta seluruh peserta stand KJRI Penang menghadiri pembukaan ekspo, yang juga dihadiri Ketua Menteri Negara Bagian Penang Chow Kon Yeow dan Esekutif Konselor (EXCO) urusan Perdagangan, Perindustrian dan Wirausaha Dato Haji Abdul Halim Bin Haji Hussain.

Pewarta: Virna P Setyorini
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2022