Tujuan dari diselenggarakannya kompetisi ini adalah untuk membangun kolaborasi dengan anak bangsa yang memiliki talenta di bidang TI
Jakarta (ANTARA) - Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta, PAM Jaya menggelar kompetisi bidang teknologi informasi (TI) bertajuk air pertama di Indonesia atau smart water hackathon yang pendaftarannya  dibuka mulai 27 Juni hingga 15 Juli 2022.

Direktur Pelayanan PAM Jaya, Syahrul Hasan mengatakan kegiatan  itu memfasilitasi anak bangsa yang memiliki talenta dalam membuat dan mengembangkan piranti lunak yang dapat mendukung pengembangan TI di PAM Jaya.

“Tujuan dari diselenggarakannya kompetisi ini adalah untuk membangun kolaborasi dengan anak bangsa yang memiliki talenta di bidang TI untuk memberikan sudut pandang, pengetahuan, serta keilmuan baru yang dapat mendukung transformasi digital pelayanan air perpipaan,” kata Syahrul Hasan di Jakarta, Senin.

Syahrul menambahkan, nantinya 100 peserta terpilih akan diadu untuk mengikuti final selama 24 jam pada 23-24 Juli 2022 di Le Meridien Hotel Jakarta.

Terdapat delapan tantangan yang diberikan yaitu pembacaan meter, pembayaran/tagihan, sambungan baru, pemantauan kualitas air, tur virtual, edukasi air, penanganan pengaduan, dan non-revenue water (NRW).

Untuk mengikuti kompetisi “smart water hackathon”, peserta bisa mendaftar di https://www.hackathon.pamjaya.com/

Syahrul mengatakan penyelenggarakan kegiatan berkolaborasi dengan Oracle dan DPD Perpamsi (Persatuan Air Minum Seluruh Indonesia) DKI Jakarta yang diawali dengan  workshop di panggung utama anjungan Pemprov DKI Jakarta di Jakarta Fair, JIExpo Kemayoran, pada Minggu (3/7).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dalam keterangan video mengatakan pihak Pemprov DKI Jakarta mengapresiasi PAM Jaya atas inovasinya menghadapi tantangan di bidang TI menuju 100 persen pelayanan  PAM Jaya.

“Kami berharap kegiatan ini mampu menjadi babak baru bagi PAM Jaya untuk meningkatkan pelayanan dengan memanfaatkan perkembangan teknologi digital sehingga bisa memberikan manfaat yang besar bagi warga Jakarta,” kata Anies.
Baca juga: Transformasi PAM JAYA untuk pelayanan yang semakin baik
Baca juga: Anggota DPRD DKI Jakarta lega keluhan soal air di Kamal Muara tuntas
Baca juga: Anies ingatkan warga hemat air untuk kebutuhan hidup dan usaha

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022