kita panen sesuai dengan rencana, karena dalam prosesnya terus didampingi dan diberi pelatihan
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno bersama warga memanen ratusan kilogram ikan lele di lingkungan Rukun Warga (RW) 01 Kelurahan Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

Sandiaga menerapkan program "Juragan Lele Lalap" kepada warga DKI Jakarta guna mendapatkan penghasilan tambahan.

"Ini hasil konkret dari program praktik usaha yang sudah berjalan tiga bulan. Alhamdulillah kita panen sesuai dengan rencana, karena dalam prosesnya terus didampingi dan diberi pelatihan,” kata Sandiaga Uno melalui keterangan tertulis di Jakarta, Senin.

Pada tahap pertama, Sandiaga menuturkan panen ikan lele menghasilkan 337 kilogram dari 95 budidaya ikan dalam ember (Budikdamber), guna membantu warga mendapatkan penghasilan tambahan.

Untuk tahap kedua, Sandiaga memperkirakan akan melebihi panen tahap pertama karena terdapat 105 budikdamber.

“Dari panen ini bisa tadi disepakati hasilnya dibelikan bibit dan pakan lele, kemudian warga akan membuat kolam pembesaran produksi,” tutur Sandiaga.

Sandiaga mengharapkan program Juragan Lele Lalap dapat terus berkembang dan berkelanjutan untuk membantu ekonomi masyarakat.

Sandiaga mengungkapkan program Juragan Lele Lalap dengan konsep budikdamber memberikan solusi bagi masyarakat untuk mengatasi kenaikan biaya kebutuhan hidup pada saat ini.

Adapun dalam program ini warga juga diberikan pelatihan pengolahan lele beku (frozen), serta bantuan perlengkapan produksi sehingga dapat meningkatkan nilai jual.

“Diharapkan berkembang melalui kolam pembesaran agar produksi semakin banyak sehingga penghasilan bertambah,” ujar Sandiaga.

Diketahui, Sandiaga bersama Rumah Sandiuno Indonesia (RSI) dan Rumah Siap Kerja (RSK) menggulirkan program Juragan Lele Lalap untuk mengurangi pengangguran di wilayah DKI Jakarta, seperti Tanah Abang, Bidara Cina, Petamburan, Pesanggrahan, dan Cakung.
Baca juga: Relawan Sandiaga latih warga Jakarta produksi sabun cuci
Baca juga: Sandiaga: Antusiasme masyarakat terhadap ajang Formula E sangat tinggi
Baca juga: Sandiaga Uno dukung rencana pembukaan kawasan Monas bagi wisatawan

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022