Jakarta (ANTARA) -  Satu kasus baru cacar monyet telah dikonfirmasi di Brasil, menambah jumlah total kasus di negara itu menjadi 76, demikian dilaporkan Kementerian Kesehatan Brasil pada Minggu (3/7).

Kasus tersebut, yang ditemukan di Distrik Federal Brasilia, dialami seorang pria berusia 30-an tahun yang baru-baru ini bepergian ke luar negeri.

Pasien itu diisolasi dan dipantau oleh tenaga medis profesional.

Kementerian Kesehatan Brasil menambahkan bahwa pihaknya telah meminta Pusat Informasi Strategis Pengawasan Kesehatan untuk mengumpulkan semua data kasus cacar monyet di Brasil.

Negara terpadat di Amerika Latin itu mencatatkan jumlah kasus tertingginya di Negara Bagian Sao Paulo dengan 52 kasus terkonfirmasi, diikuti Rio de Janeiro dengan 16 kasus.

Pihak kementerian mengatakan sisa kasus lainnya dilaporkan di negara bagian Minas Gerais, Rio Grande do Sul, Rio Grande do Norte, dan Distrik Federal.

Brasil melaporkan kasus cacar monyet pertamanya di Kota Sao Paulo pada awal Juni lalu. Virus itu terdeteksi pada seorang pria berusia 41 tahun yang pernah melakukan perjalanan ke Spanyol dan Portugal. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022