Jakarta (ANTARA) - Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengatakan sembilan dari 32 target pembangunan bendungan di 2022, bakal rampung tahun ini.

"(Dari) 32 bendungan yang direncanakan, sembilan bendungan di antaranya akan selesai dibangun 2022," ujar Direktur Jenderal Sumber Daya Air Jarot Widyoko dalam Rapat Dengar dengan Komisi V DPR RI, di Jakarta, Senin.

Ia memaparkan bendungan yang akan selesai tahun 2022 antara lain Bendungan Margatiga (Lampung), Ciawi (Jabar), Sukamahi (Jabar), Sadawarna (Jabar), Semantok (Jatim), Lolak (Sulut), Kuwil Kawangkoan (Sulut), Tamblang (Bali) dan Beringin Sila (NTB).

Sementara itu, 23 bendungan sisanya masih dalam proses pembangunan, yaitu Bendungan Keuruto (Aceh), Rukoh dan bangunan pengarah (Aceh), Lausimame (Sumut), Tiga Dihaji (Sumsel), Karian (Banten), Leuwikeris (Jabar), Cipanas (Jabar) dan Jragung (Jateng).

Baca juga: Presiden Jokowi tinjau progres Sepaku Semoi penyedia air baku ke IKN

Kemudian, Bendungan Jlantah (Jateng), Bener (Jateng), Pidekso (Jateng), Bagong (Jatim), Sidan (Bali), Meninting (NTB), Tiu Suntuk (NTB), Temef (NTT), Manikin (NTT), Sepaku Semoi (Kaltim), Bolangu Ulu (Gorontalo), Budong-Budong (Sultra), Ameroro (Sultra), Pamukkulu (Sulsel) dan Way Apu (Maluku).

Jarot mengatakan Direktorat Jenderal Sumber Daya Air juga menargetkan untuk merampungkan proyek infrastruktur lainnya di 2022 seperti 47.119 daerah irigasi, 153.333 hektare rehabilitasi jaringan irigasi, 28 embung dan 3,48 m3 per detik ketersediaan air baku.

Dalam kesempatan ini, Jarot juga memaparkan realisasi anggaran di Direktorat Jenderal Sumber Daya Air yang telah mencapai 35,09 persen atau sekitar Rp14,9 triliun dari total pagu sebesar Rp42,69 triliun per akhir Juni 2022. Sedangkan realisasi fisik sebesar 38,38 persen.

Selanjutnya, untuk kegiatan Padat Karya tahun 2022, dari total pagu Rp4,81 triliun telah terealisasi sebesar Rp1,93 triliun atau kurang lebih 40,12 persen, dengan jumlah tenaga kerja 164.000 pekerja.

Baca juga: Bendungan Margatiga ditargetkan impounding pada November

Baca juga: Menteri PUPR: Hindari tebang pohon jika tidak perlu dalam pembangunan

Pewarta: Asri Mayang Sari
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2022