Halo menyelamatkan saya hari ini. Terima kasih semuanya atas pesan kalian yang hangat
Jakarta (ANTARA) - Rookie tim Alfa Romeo Guanyu Zhou mengatakan sistem perlindungan kepala yang bernama halo telah menyelamatkannya saat mobilnya terbalik sebelum menghantam pagar pembatas Sirkuit Silverstone pada Grand Prix Inggris, Minggu.

Balapan dihentikan menyusul sejumlah insiden balapan beruntun di lap pembuka setelah start.

"Saya baik-baik saja, semua aman," kata Zhou di Twitter setelah menjalani pemeriksaan medis. "Halo menyelamatkan saya hari ini. Terima kasih semuanya atas pesan kalian yang hangat."

Baca juga: Grand Prix Inggris terhenti sementara menyusul kecelakaan Zhou Guanyu

Halo yang terbuat dari titanium diperkenalkan ke Formula 1 pada 2018, meski ditentang oleh sejumlah pebalap yang tidak menyukai desain pelidung tersebut apabila disematkan di mobil yang pada awalnya memiliki kokpit terbuka.

Namun demikian, keputusan pemasangan halo mendapat pujian setelah terbukti menyelamatkan nyawa pebalap dalam sejumlah insiden kecelakaan serius yang terjadi belakangan ini.

Marshal dan kru di lapangan segera mengevakuasi Zhou dari mobilnya yang terbalik dalam kecepatan tinggi, sebelum melintasi gravel dan terlempar ke pagar pembatas tikungan pertama.

Sejumlah foto menunjukkan mobil Zhou bersandar pada sudut di ruang antara pagar dan penghalang dengan halo yang melindungi helm pengemudi.

Itu merupakan kali kedua pada Minggu halo menyelamatkan pebalap dari cedera serius.

Baca juga: Sainz klaim kemenangan perdana dalam karier di Grand Prix Inggris

Roy Nissany terlindungi olehnya saat mobil pebalap Dennis Hauger terbang dan mendarat di atas mobilnya di balapan Formula 2, Minggu pagi.

Pebalap Williams Alexander Albon juga terlibat kecelakaan terpisah dan diterbangkan ke rumah sakit di Coventry dengan helikopter untuk diperiksa.

Pebalap tim Mercedes George Russell keluar dari mobilnya setelah terlibat kecelakaan dengan Zhou dan berlari ke arah mobil rivalnya itu untuk memeriksa sang pebalap China.

Russell mendapati mobilnya tersenggol mobil AlphaTauri Pierre Gasly sehingga kehilangan kendali dan menyenggol mobil Zhou.

"Saya dikelilingi mobil-mobil lain dan hal yang saya tahu setelah itu saya tersenggol, saya berada di samping Zhou dan terjadilah itu," kata Russell dikutip Reuters.

Televisi tidak menayangkan siaran ulang kecelakaan itu sebelum Zhou dievakuasi dan dinyatakan sadar.

Baca juga: Mick Schumacher akhirnya raih poin pertama
Baca juga: Sergio Perez sebut hasil di GP Inggris luar biasa

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022