Bus selawat berhenti beroperasi sementara pada tanggal 5 hingga 13 Zulhijah 1443 Hijriah.
Mekkah (ANTARA) - Kepala Seksi Transportasi Daerah Kerja Mekah Asep Subhana mengatakan bus selawat akan kembali melayani rombongan haji secara gratis selama 24 jam pada 14 Zulhijah atau 13 Juli 2022.

"Bus selawat akan kembali beroperasi mulai 14 Zulhijah. Hal ini untuk mengantarkan jemaah yang ingin melakukan tawaf ifadah maupun wada," kata Asep di Mekah, Senin.

Bus selawat berhenti beroperasi sementara pada tanggal 5 hingga 13 Zulhijah 1443 Hijriah (4—13 Juli 2022). Bus selawat dihentikan sementara karena seluruh bus akan ditarik oleh Naqabah menuju Muzdalifah untuk persiapan puncak haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna).

Ia berharap calon haji menjaga kondisi kesehatannya untuk persiapan puncak haji dan salat lima waktu di masjid-masjid sekitar hotel ataupun musala-musala atau masjid yang disediakan oleh pihak hotel.

Oleh kartena itu, mereka agar tidak memaksakan diri untuk pergi ke Masjidilharam karena akan menguras tenaga. Begitu pula, puncak haji yaitu wukuf dan rangkaiannya membutuhkan kondisi fisik yang prima.

Menurut Asep, pihaknya sudah membuat imbauan dan pengumuman terkait dengan penghentian sementara operasional bus selawat yang ditempel di sebagian bus-bus selawat agar jemaah tidak menumpuk di halte menunggu bus.

"Insyaallah, setelah nafar tsani, kami harapkan tidak ada larangan-larangan kembali dari kepolisian Arab Saudi sehingga sesuai dengan rencana pada tanggal 14 Zulhijah pergerakan kembali operasional bus selawat," kata Asep.

Baca juga: Menag: Sanksi tegas travel haji yang tidak taat aturan

Baca juga: Menag apresiasi Raja Salman siapkan pelaksanaan ibadah haji cukup baik

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2022