Jakarta (ANTARA) - Box office Korea Selatan mencatat sebanyak 15,5 juta orang menonton di bioskop setempat pada bulan lalu, menjadikan jumlah penonton bulanan terbesar selama lebih dari dua tahun terakhir.

Dikutip dari Yonhap pada Selasa, angka tersebut naik 6,3 persen dari 14,6 juta pada bulan Mei, menurut data yang dikumpulkan oleh Dewan Film Korea.

Jumlah penonton pada Juni itu menandai pertama kalinya box office Korsel menyentuh angka lebih dari 10 juta penonton sejak pandemi COVID-19. Sebelum pandemi COVID-19 melanda, box office Korsel sempat menembus angka tertinggi pada Januari 2020, yakni 16,84 juta penonton.

Baca juga: Film "The Roundup" lampaui 6 juta penonton kejar "Parasite"

Jumlah penonton bioskop turun ke rekor terendah pada April 2020 menjadi sebanyak 970.000 orang. Kemudian beberapa juta orang datang ke bioskop pada bulan-bulan berikutnya selama pandemi.

Film-film besar Korsel dan global telah mendorong peningkatan jumlah penonton bulan lalu. Film komedi aksi "The Roundup" misalnya yang menduduki puncak box office Korsel pada Juni dengan meraih 5,2 juta penonton. Sekuel dari "The Outlaws" (2017) itu telah mengumpulkan total 12,2 juta penonton pada Senin (4/7), menjadi film ke-14 yang paling banyak ditonton sepanjang masa di Korea.

Sementara itu, film "Jurassic World Dominion" mampu menarik 2,8 juta penonton pada Juni, diikuti oleh film Korea "The Witch: Part 2. The Other One" dengan 2,4 juta penonton dan film "Top Gun: Maverick " dengan 2,1 juta penonton.

Box office Korsel diperkirakan akan terus mendapatkan penonton terbanyak pada Juli berkat blockbuster musim panas mendatang, seperti "Thor: Love and Thunder" Marvel, serta film Korea "Alienoid", "Emergency Declaration", dan "Hansan”.

Baca juga: Debut "Lightyear" kalah dari "Jurrasic World" di box office Amerika

Baca juga: Debut "Jurassic World Dominion" cetak Rp2,09 triliun di Amerika

Baca juga: "Top Gun: Maverick" kuasai lagi box office Amerika di pekan kedua

Penerjemah: Rizka Khaerunnisa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022