Jakarta (ANTARA) - Seorang hakim Italia pada Senin (4/7) waktu setempat memutuskan bahwa sineas Paul Haggis dibebaskan dari tahanan rumah sementara pihak berwenang terus menyelidiki tuduhan pemerkosaan yang dilakukan Haggis terhadap seorang perempuan.

“Permintaan kami untuk mencabut tahanan rumah diterima oleh hakim tanpa tindakan lebih lanjut, jadi Haggis bebas,” kata pengacara yang mewakili Haggis, Michele Laforgia, kepada Reuters, dikutip Selasa.

Laforgia kemudian menambahkan bahwa dia masih belum mengetahui apakah kliennya ingin meninggalkan Italia.

Baca juga: Sutradara Paul Haggis ditahan di Italia atas tuduhan pelecehan seksual

Sebelumnya, Haggis ditahan pada 19 Juni setelah seorang perempuan asal Inggris melayangkan tuduhan pemerkosaan yang berlangsung selama dua hari di kota Ostuni, Italia, sebuah lokasi di mana Haggis dijadwalkan mengisi acara festival film, seni, dan musik “Allora Fest”.

Pada pekan lalu, Haggis membantah tuduhan itu selama persidangan secara tatap muka bersama dengan penuduhnya.

"Paul Haggis menjelaskan fakta dan apa yang terjadi, dan dia menyatakan dirinya sepenuhnya tidak bersalah," kata Laforgia kepada wartawan setelah sidang.

Laforgia mengatakan hubungan seks antara Haggis dan perempuan itu dilakukan atas dasar suka sama suka selama tiga hari dan perempuan itu tidak memiliki tanda-tanda cedera atau kekerasan seperti yang dituduhkan oleh jaksa.

Perempuan berusia 28 tahun itu memberikan versi yang sangat berbeda dari peristiwa selama persidangan dan mengulangi tuduhan terhadap Haggis, kata pengacaranya, Claudio Strata, kepada wartawan saat itu.

Haggis dikenal sebagai penulis naskah, produser, serta sutradara film dan televisi. Ia merupakan penulis skenario film "Million Dollar Baby" (2004). Haggis juga turut menulis dan menyutradarai film "Crash", sebuah drama kriminal di mana dia memenangkan dua penghargaan Oscar.

Baca juga: Produser Anthony Morina digugat atas tuduhan pelecehan seksual

Baca juga: Juri putuskan Bill Cosby bersalah atas pelecehan seksual di bawah umur

Baca juga: Kevin Spacey akan jalani sidang dakwaan pelecehan seksual hari ini

Penerjemah: Rizka Khaerunnisa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022