Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin beserta istri Wury Ma’ruf Amin bertolak ke Arab Saudi, Selasa, untuk melaksanakan ibadah haji pada musim Haji Tahun 2022.

Juru Bicara Wakil Presiden Masduki Baidlowi menyampaikan pelaksanaan ibadah haji yang juga bertepatan dengan haji akbar merupakan undangan yang diberikan Kerajaan Arab Saudi kepada Wapres.

“Hari ini Wapres bersama Ibu Wury Ma’ruf Amin melakukan kunjungan ke negara Arab Saudi. Wapres dalam hal ini mendapatkan undangan dari Kerajaan Arab Saudi untuk melaksanakan prosesi ibadah haji," ujar Masduki dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Wapres Ma'ruf Amin akan berangkat ibadah haji

Masduki mengatakan undangan ibadah haji yang diberikan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al-Saud untuk Wapres, disampaikan melalui Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Esam A. Abid Althagafi.

“Undangan ini disampaikan oleh Kerajaan Arab Saudi pada tanggal 9 Juni yang lalu dimana waktu itu Duta Besar Arab Saudi datang ke kediaman Wakil Presiden,” paparnya.

Masduki mengatakan saat itu Duta Besar Esam juga melaporkan tentang kesiapan Arab Saudi dalam penyelenggaraan ibadah haji tahun ini, sebab sebagaimana diketahui bahwa pada tahun-tahun sebelumnya haji tidak dilaksanakan terkait dengan pandemi COVID-19.

"Karena sudah aman, maka kemudian Wapres diundang oleh Kerajaan Arab Saudi untuk melaksanakan ibadah haji ini. Insya Allah dalam seminggu Wapres akan mengikuti prosesi ibadah haji,” jelasnya.

Baca juga: Menag apresiasi Raja Salman siapkan pelaksanaan ibadah haji cukup baik

Baca juga: Wamenag hadiri simposium haji akbar di Arab Saudi

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2022