Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Barat membuka pelayanan uji emisi gratis di kawasan CNI, Kembangan, Jakarta Barat, Selasa.

"Hari ini kita berlakukan uji emisi gratis di kawasan CNI untuk mobil berbahan bakar bensin dan solar," kata Kepala Seksi (Kasi) Pengawasan Pengendalian Dampak Lingkungan dan Kebersihan Suku Dinas Lingkungan Hidup (LH) Jakarta Barat, Herry Permana saat ditemui di lokasi.

Herry mengatakan, uji emisi gratis ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam memeriksa mesin agar tidak menyebabkan polusi.

Herry menjelaskan, mobil yang melintas di Jalan Lingkar Luar Barat langsung diberhentikan oleh petugas Kepolisian dan Suku Dinas (Sudin) Perhubungan Jakarta Barat (Jakbar).

Mobil-mobil tersebut diarahkan untuk melakukan uji emisi di tenda yang sudah disiapkan petugas.

Di setiap tenda, mobil tersebut dicek melalui asap yang dikeluarkan knalpot. Kadar asap itu yang menentukan lulus atau tidaknya kendaraan tersebut dari uji emisi.

Baca juga: Pemkot Jakbar periksa bengkel resmi penyedia jasa uji emisi mobil

Jika kadar asapnya dinilai memenuhi standar yang ditentukan, maka mobil tersebut lolos uji emisi. Mobil akan langsung terdata di aplikasi E Uji Emisi dan masa berlakunya setahun sekali.

"Jadi kalau sekarang dinyatakan lulus tanggal 5 Juli nah 5 Juli 2023 sudah habis masa berlakunya," kata dia.

Namun jika kendaraan tidak lolos uji emisi, maka kendaraan tersebut diharuskan untuk servis di bengkel resmi dan melakukan uji emisi kembali.

Herry melanjutkan, dalam kegiatan ini pihaknya menargetkan dapat melakukan uji emisi terhadap 8.000 mobil. "Kegiatan ini berjalan tiga hari mulai hari ini, kira targetkan bisa mencapai 2.500 mobil," kata Herry.

Baca juga: Pemkot Jakbar kembali ingatkan warga untuk uji emisi kendaraan

Dia berharap upaya ini dapat membantu Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mengurangi polusi udara dari kendaraan di ibu kota.

Uji emisi kendaraan ini digelar selama tiga hari oleh Suku Dinas Lingkungan Hidup. Hari pertama, yakni Selasa (5/7) akan digelar di Jalan Puri Lingkar Luar, Kembangan.

Hari kedua, yakni Rabu (6/7) digelar di samping mall Taman Anggrek, Grogol Petamburan dan hari ketiga Kamis (7/7) akan digelar di Taman Kota Cattleya, Kebon Jeruk

Kegiatannya berlangsung dari pukul 07.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB.
 

Pewarta: Walda Marison
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022