Jakarta (ANTARA) - Atlet dari 36 Komite Olimpiade Nasional (NOC) negara masing-masing telah mengamankan tiket untuk tampil dalam ANOC World Beach Games (AWBG) 2023 di Bali.

Berdasarkan laman resmi Anocolympic.org, Selasa, sejumlah cabang olahraga telah melakukan kualifikasi seperti renang perairan terbuka, bola tangan pantai, dan karate dengan sistem kualifikasi dari masing-masing federasi internasional.

Sistem kualifikasi bertujuan untuk memastikan atlet terbaik tampil dalam World Beach Games 2023.

"Kualifikasi di semua cabang olahraga di ANOC World Beach Games akan berlanjut selama 12 bulan ke depan dan kami sangat senang melihat berapa banyak NOC yang memenuhi syarat untuk bersaing di Bali tahun depan," kata Penjabat Presiden ANOC Robin Mitchell.

Untuk renang perairan terbuka 5km, dari total 54 slot (masing-masing 27 tempat putra dan putri), sebanyak 31 NOC meloloskan minimal satu atlet dalam kualifikasi yang dilakukan pada Kejuaraan Dunia FINA 2022 di Budapest, Hungaria, 17 Juni-3 Juli.

Pada sektor putra, atlet yang lolos berasal dari Jerman, Italia, Ukraina, Prancis, Hungaria, Australia, Amerika Serikat, Yunani, Kolombia, Jepang, China, Turki, Brasil, Austria, Taiwan, Afrika Selatan, Ekuador, Kazakhstan, Angola, Republik Ceko, dan Serbia.

Kemudian pada bagian putri ada Brasil, Prancis, Italia, Jerman, Spanyol, Australia, Belanda, Jepang, Amerika Serikat, Hungaria, Hong Kong, China, Israel, Afrika Selatan, Republik Ceko, dan Turki.

Baca juga: Bali tuan rumah World Beach Games 2023

Pada cabang bola tangan pantai, lima tim teratas putra dan putri di IHF Beach Handball Championships 2022 yang berlangsung di Kreta, Yunani pada 21-26 Juni memenuhi syarat untuk tampil di Bali.

Dalam kompetisi putra ada Kroasia, Denmark, Brasil, Yunani dan Qatar. Sementara putri Jerman, Spanyol, Belanda, Yunani, dan Denmark.

Enam tempat NOC yang tersisa baik pada sektor putra dan putri akan diberikan berdasarkan Kejuaraan Kontinental, dengan satu tempat tambahan putra dan putri akan diberikan kepada tuan rumah dalam hal ini Indonesia.

Kemudian untuk karate, kualifikasi didasarkan pada Kejuaraan Dunia Senior 2021 di Dubai.

Pada kategori putra atlet dari Jepang, Spanyol, Italia, Turki, Amerika Serikat dan Swiss lolos kualifikasi World Beach Games 2023.

Sementara kategori putri atlet dari NOC Spanyol, Jepang, Hong Kong, Cina, Italia, Mesir dan Amerika Serikat telah mengamankan kuota.

Selanjutnya 10 tempat dari masing-masing putra dan putri akan diberikan berdasarkan Kejuaraan Kontinental dan 10 lainnya (putra dan putri) berdasarkan peringkat dunia Federasi Karate Dunia (WKF) pada 12 Juni 2023.

Baca juga: ANOC tinjau kelayakan Indonesia untuk gelar World Beach Games 2023
Baca juga: Kurang dana, San Diego gagal tuan rumah World Beach Games

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022