Malang (ANTARA) - Pendaftar Program Pertukaran Mahasiswa (PPM) yang terangkum dalam kegiatan pembelajaran Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) tahun akademik 2022/2023 di Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Budi Utomo Malang melebihi kuota yang ditetapkan Kemendikbudristek, yakni 440 mahasiswa.

Rektor IKIP Budi Utomo Malang, Jawa Timur Dr Nurcholis Sunuyeko di Malang, Selasa, mengemukakan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta di Tanah Air yang memilih IBU dalam Program Pertukaran Mahasiswa MBKM angkatan kedua meningkat cukup signifikan.

"Tahun ini kami mendapatkan kuota sebanyak 440 mahasiswa dan yang mendaftar mencapai 538 mahasiswa. Sedangkan tahun lalu sebanyak 270 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Tanah Air," kata Nurcholis.

Baca juga: UT minta mahasiswa tidak sembarangan pilih mata kuliah program MBKM

Hanya saja, lanjutnya, setelah dilakukan seleksi secara ketat oleh Kemendikbudristek, pendaftar yang lolos dan bergabung dengan IKIP Budi Utomo sebanyak 314 mahasiswa.

Ia mengemukakan mahasiswa dari seluruh Indonesia yang mengikuti PPM MBKM di IKIP Budi Utomo Malang melaksanakan tahapan seleksi di Kemendikbudristek sejak awal Februari 2022. Materi seleksi meliputi survei kebinekaan dan administrasi.

Menurut Nucholis, kuota mahasiswa PPM MBKM dari Kemendikbudristek sebanyak itu merupakan terbanyak kedua secara nasional

Jadi, lanjutnya, mau masuk ke IKIP Budi Utomo juga tidak mudah. Seleksi administrasi dan akademisnya sangat ketat.

“Lolosnya mahasiswa peminat PPM sebanyak 314 mahasiswa itu menempatkan IBU Malang masuk 10 besar, saat ini proses seleksi di Kemendikbudristek juga masih berjalan," ucapnya.

Artinya, kata Nurcholis, kurikulum proses belajar di IBU Malang dinilai bagus, sehingga diminati mahasiswa di Tanah Air. Selain kurikulum, juga didukung dosen, metodologi belajar, maupun atmosfir akademik yang cukup bagus.

“Minat dan ketertarikan mahasiswa seluruh Indonesia sungguh luar biasa. Mereka sangat tertarik, sebab IBU tidak kalah dengan perguruan tinggi lain dalam tata kelola kampus,” ucapnya.

Nurcholis mengemukakan IKIP Budi Utomo mampu mengharmoniskan nuansa intelektual, layanan dan suasana merdeka belajar dalam atmosfir akademik yang menyenangkan dengan nilai-nilai kebudiutamaan. "Kebudiutamaan ini yang menjadi karakter dan kekhasan kampus IBU," katanya.

Baca juga: 26 mahasiswa vokasi UI kuliah di kampus top dunia
Baca juga: Akademisi: Kebijakan Kampus Merdeka beri mahasiswa wawasan baru

Pewarta: Endang Sukarelawati
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2022