New York (ANTARA) - Enam orang tewas dan sedikitnya 36 lainnya terluka ketika seorang pria dengan senapan kekuatan tinggi melancarkan tembakan dari atap gedung ketika parade perayaan Hari Kemerdekaan 4 Juli berlangsung di daerah Highland Park, Chicago, Senin (4/7).

Insiden itu mengubah parade sipil yang menggambarkan semangat patriotisme berubah menjadi kekacauan dan kepanikan.

Berikut ini daftar kasus penembakan massal terkini yang mengejutkan banyak kalangan:

- UVALDE, 25 Mei 2022
Seorang pria bersenjata melancarkan tembakan di sebuah sekolah dasar di Uvalde, kota di wilayah South Texas, hingga menewaskan 19 murid dan dua guru. Para polisi yang berkumpul di luar ruang kelas menunggu lebih dari satu jam sebelum satu tim dari Patroli Perbatasan AS memasuki kelas tersebut dan menembak mati tersangka pelaku.

- LAGUNA WOODS, 15 Mei 2022
Seorang pria bersenjata membunuh seorang dokter dan melukai lima orang di sebuah perjamuan gereja Taiwan-Amerika di California. Para pejabat menyebut serangan itu sudah direncanakan dengan matang karena sang penembak marah atas ketegangan China-Taiwan.

- BUFFALO, 14 Mei 2022
Seorang pria kulit putih bersenjata membunuh 10 warga kulit hitam di sebuah toko serba ada dalam serangan yang bermotif rasialisme. Penembak tersebut didakwa dan ditahan di penjara tanpa diberi peluang untuk dibebaskan sementara dengan jaminan.

- NEW YORK CITY, 12 April 2022
Sebanyak 23 orang terluka ketika seorang pria lansia berusia 62 tahun mengaktifkan sebuah bom asap dan melancarkan tembakan di kereta bawah tanah. Pelaku serangan ditangkap keesokan harinya. Serangan itu merupakan yang paling brutal terjadi dalam sejarah sistem transportasi New York.

- OXFORD, 30 November 2021
Empat siswa tewas dan tujuh orang cedera setelah seorang remaja melakukan tembakan di sebuah sekolah menengah atas di Oxford, Michigan.

- INDIANAPOLIS, 16 April 2021
Seorang bekas pegawai FedEx, yang sedang berada dalam perawatan psikiatri, menembaki delapan orang hingga tewas dan melukai sejumlah lainnya di sebuah fasilitas perusahaan jasa pengantaran itu di Indiana. Orang tersebut kemudian membunuh diri.

- LOS ANGELES, 31 Maret 2021
Empat orang tewas, termasuk seorang bocah, dalam penembakan di sebuah gedung perkantoran di daerah pinggiran kota Los Angeles. Tersangka penembak sudah ditahan.

- BOULDER, 22 Maret 2021
Penembakan massal terjadi di sebuah toko serba ada di Boulder, Colorado, dan menewaskan 10 orang, termasuk seorang polisi.

- ATLANTA, 16 Maret 2021
Delapan orang, termasuk enam perempuan keturunan Asia, tewas ditembak dalam serentetan serangan di beberapa spa di dan sekitar Atlanta. Seorang pria yang menjadi tersangka ditangkap.

- MILWAUKEE, 26 Februari 2020
Seorang pria bersenjata melancarkan tembakan di kompleks pabrik bir Molson Coors Beverage di Milwaukee hingga menewaskan lima rekan kerjanya. Pria tersebut kemudian bunuh diri.

- DAYTON, 4 Agustus 2019
Seorang pria bersenjata dengan mengenakan rompi anti peluru menembaki orang-orang di pusat kota Dayon, Ohio, hingga menewaskan sembilan orang, termasuk saudara perempuannya. Polisi membunuh si penembak.

- EL PASO, 3 Agustus 2019
Seorang pria menembaki 22 orang hingga tewas di sebuah toko Walmart di El Paso, Texas. Sebuah pernyataan, yang diyakini ditulis oleh tersangka pelaku, menyebut serangan itu sebagai "pembalasan terhadap invasi Hispanik terhadap Texas." Pihak berwenang menahan si penembak.

- VIRGINIA BEACH, 31 Mei 2019
Seorang pegawai kantor layanan publik yang kecewa menembak teman-teman kerjanya di sebuah kantor wali kota di Virginia hingga menewaskan 12 orang. Penyerang tersebut kemudian tewas ditembak oleh polisi.

- AURORA, 15 Februari 2019
Seorang pria mengeluarkan tembakan di sebuah pabrik di Illinois setelah ia dipecat. Ia menewaskan lima pegawai sebelum dibunuh oleh polisi.

- THOUSAND OAKS, 7 November 2018
Seorang veteran petempur Marinir membunuh 12 orang di sebuah bar di Thousand Oaks, California, daerah pinggiran Los Angeles. Ia kemudian bunuh diri.

- PITTSBURGH, 27 Oktober, 2018
Seorang pria bersenjata menyerbu ke sinagoga Tree of Life dekat Pittsburgh dan menembaki kongregasi yang berkumpul untuk melaksanakan kebaktian Sabbath. Sebelas orang tewas dalam penembakan itu.

- SANTA FE, 18 Mei 2018
Seorang siswa laki-laki berusia 17 tahun di sekolah menengah atas melancarkan tembakan di sekolahnya di luar Houston, Texas, hingga menewaskan sembilan siswa dan seorang guru. Pelaku kemudian menyerahkan diri kepada petugas keamanan.

- PARKLAND, 14 Februari 2018
Seorang mantan murid Sekolah Menengah Atas Marjory Stoneman Douglas di Parkland, Florida, menewaskan 17 siswa dan guru.

- SUTHERLAND SPRINGS, 5 November 2017
Seorang pria, yang dipecat dari Angkatan Udara AS karena memukul istri dan anaknya, menembaki 26 orang hingga tewas di sebuah gereja di sebuah pedesaan Texas. Ia kemudian membunuh dirinya.

- LAS VEGAS, 1 Oktober 2017
Seorang pria bersenjata melancarkan tembakan di sebuah festival musik country dari kamar hotel lantai 32. Ia menewaskan 58 orang dan kemudian bunuh diri.

- ORLANDO, 12 Juni 2016
Seorang pria bersenjata menembak hingga tewas 49 orang di Pulse, kelab malam kaum gay. Pelaku kemudian ditembak mati oleh polisi.

- SAN BERNARDINO, 2 Desember 2015
Satu pasangan suami dan istri membunuh 14 orang di sebuah pesta kantor di San Bernardino di Southern California sebelum kemudian tewas dalam adu tembak dengan para polisi.

- ROSEBURG, 1 Oktober 2015
Seorang pria bersenjata menyusup ke sebuah kampus di Oregon dan melancarkan tembakan hingga menewaskan sembilan orang. Pelaku kemudian ditembak mati oleh polisi.

- CHARLESTON, 17 Juni 2015
Seorang warga kulit putih beraliran supremasi membunuh sembilan warga kulit hitam anggota jemaat di sebuah gereja di Charleston, South Carolina. Pelaku dijatuhi hukuman mati.

- WASHINGTON, 16 September 2013
Seorang mantan tentara cadangan Angkatan Laut AS, yang bekerja sebagai kontraktor pemerintah, membunuh 12 orang di Washington Navy Yard. Ia ditembak mati oleh polisi.

- NEWTON, 14 Desember 2012
Seorang pria bersenjata berat membunuh 26 orang, termasuk 20 anak berusia 5-10 tahun, dalam penembakan membabi buta di Sekolah Dasar Sandy Hook di Connecticut.

- AURORA, 20 Juli 2012
Seorang pria bersenjata dengan mengenakan penutup wajah menewaskan 12 orang di sebuah bioskop di Aurora, Colorado. Ia dijatuhi hukuman penjara seumur hidup.

- FORT HOOD, 5 November 2009
Seorang mayor Angkatan Darat AS yang adalah juga psikiater melancarkan tembakan di Fort Hood, pangkalan Angkatan Darat AS di Texas. Tiga belas orang tewas dalam penembakan itu.


Sumber: Reuters

Penerjemah: Tia Mutiasari
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2022