Aussie berdetak 0,09 persen lebih rendah menjadi 0,6820 dolar AS
Tokyo (ANTARA) - Dolar Australia menghapus kenaikan awal pada perdagangan Selasa, setelah bank sentral negara itu (RBA) menyampaikan kenaikan suku bunga setengah poin sesuai perkiraan, tetapi bukan panduan ke depan yang hawkish seperti yang diharapkan beberapa orang.

Yen tergelincir kembali ke level terendah 24 tahun terhadap greenback di tengah kenaikan imbal hasil (yield) obligasi pemerintah AS, sementara euro naik tipis, menambah jarak dari posisi terendah lima tahun.

Aussie berdetak 0,09 persen lebih rendah menjadi 0,6820 dolar AS, setelah diperdagangkan setinggi 0,6895 dolar AS pada hari sebelumnya.

Baik pedagang maupun analis telah memperkirakan kenaikan 50 basis poin kedua berturut-turut pada Selasa. Gubernur Philip Lowe telah mengatakan menjelang pertemuan bahwa pilihannya adalah antara kenaikan seperempat dan setengah poin, meskipun kenaikan 75 basis poin Federal Reserve AS bulan lalu telah memicu spekulasi bahwa RBA mungkin perlu lebih agresif.

"Kami mendapat goyangan kecil di Aussie karena pernyataan itu tampaknya mengkonfirmasi bahwa jika dewan RBA memperdebatkan opsi selain 50 basis poin yang kami dapatkan, itu adalah 25 basis poin yang diisyaratkan oleh Gubernur Lowe beberapa minggu lalu, dan bukan 75 basis poin," kata ahli strategi Westpac Sean Callow, dikutip dari Reuters.

"Tidak ada ayunan gaya FOMC menit terakhir untuk pengetatan yang lebih agresif."

Sementara itu, dolar AS naik 0,4 persen pada 136,23 yen, mendapatkan dukungan dari rebound kuat dalam imbal hasil obligasi pemerintah AS 10-tahun, yang melonjak setinggi 2,9780 persen di Tokyo pada Selasa dari terendah sejak Mei di 2,7910 persen pada Jumat (1/7/2022).

Tidak ada perdagangan obligasi pemerintah pada Senin (4/7/2022), dengan pasar AS ditutup untuk liburan Empat Juli, yang juga meringankan volume di pasar mata uang.

Indeks dolar - yang mengukur dolar terhadap enam mata uang utama lainnya - hampir datar di 105,15 setelah berakhir Senin (4/7/2022) sebagian besar tidak berubah.

Pada Jumat (1/7/2022), indeks dolar naik setinggi 105,64, mengancam puncak dua dekade di 105,79 yang dicapai pada pertengahan Juni.

Euro, yang merupakan yang paling terbebani dalam indeks, naik 0,15 persen menjadi 1,0436 dolar AS setelah berakhir datar pada Senin (4/7/2022). Selama dua bulan terakhir, euro telah menyentuh sekitar 1,035 dolar AS, level yang tidak terlihat sejak awal 2017.

Mata uang tunggal mendapat dukungan semalam dari kenaikan imbal hasil regional setelah kepala Bundesbank Joachim Nagel mengatakan sikap yang sangat akomodatif dari Bank Sentral Eropa (ECB) akan segera ditinggalkan dan sikap kebijakan yang membatasi mungkin diperlukan untuk mencapai target inflasi.

ECB bersiap untuk menaikkan suku bunga untuk pertama kalinya dalam satu dekade akhir bulan ini.

Prospek kebijakan mungkin tidak menopang euro dalam jangka panjang, tulis ekonom pasar National Australia Bank Tapas Strickland dalam sebuah catatan kepada klien.

"Eropa tetap terjebak di tengah antara krisis Rusia-Ukraina dan melemahnya ekonomi global," katanya.

"Mengingat kesulitan Eropa yang mengerikan, sulit untuk melihat reli euro yang bertahan lama, yang dapat membuat penguatan dolar AS berlangsung lebih lama."

Baca juga: Permintaan aset aman bikin euro bertahan, dekati terendah lima tahun
Baca juga: Dolar bertahan kuat, pasar khawatirkan perlambatan pertumbuhan global
Baca juga: Yuan berbalik melemah 208 basis poin menjadi 6,7071 terhadap dolar AS

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2022