persahabatan dengan siapa pun itu penting, apalagi dengan negara tetangga.
Jakarta (ANTARA) - Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa menyatakan dukungannya kepada Ikatan Alumni Pertahanan Indonesia-Australia (Ikahan) Senior Advisory Group (SAG) yang akan memperkuat hubungan diplomasi antara Indonesia dengan Australia, khususnya diplomasi maritim.

“Memang persahabatan sangat penting. Menurut saya, persahabatan dengan siapa pun itu penting, apalagi dengan negara tetangga. Tetangga kan yang paling utama. Saya hanya bisa menitipkan semoga sukses,” kata Andika dikutip dari kanal YouTube Jenderal TNI Andika Perkasa, dipantau dari Jakarta, Selasa.

Ikahan SAG mengunjungi Panglima TNI Andika Perkasa untuk menyampaikan kegiatan apa saja yang akan dilakukan oleh Ikahan SAG saat mengunjungi Australia, salah satunya adalah melihat dan mempelajari bagaimana diplomasi maritim Australia.

Kunjungan kerja ini, menurut Andika, penting untuk menunjang terciptanya hubungan diplomasi yang kuat antara Indonesia dengan Australia.

Lebih lanjut, Andika juga menegaskan dukungan penuhnya terhadap kunjungan yang akan dilakukan Ikahan SAG sebagai bentuk hubungan baik antarnegara, serta mengimbau kepada Ikahan SAG untuk mempererat relasi hubungan persahabatan antara Indonesia dengan Australia di bidang maritim.

“Pokoknya semoga sukses. Nanti kami diberikan info saja hasilnya bagaimana, apa yang menonjol,” ucapnya.

Dalam pertemuan tersebut, Laksamana TNI (Purn.) Marsetio selaku perwakilan Ikahan SAG mengungkapkan bahwa kunjungan Ikahan SAG ke Australia juga bertujuan untuk mendalami dinamika geopolitik di bidang maritim.

Melalui kunjungan tersebut, mantan Kepala Staf TNI Angkatan Laut ini berharap Indonesia juga dapat meningkatkan pertahanan maritim dan menjalin kerja sama yang lebih erat dengan Australia.

“Materi setiap kegiatan Ikahan SAG berganti-ganti, begitu juga dengan dinamika geopolitik dan geomaritim,” kata Marsetio.

Baca juga: PM Australia akan kunjungi Indonesia, tegaskan pentingnya hubungan

Baca juga: IDN Victoria gelar pameran sejarah hubungan Indonesia - Australia

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2022