Beijing (ANTARA) - Saham-saham China ditutup lebih rendah pada perdagangan Selasa, berbalik melemah dari keuntungan sehari sebelumnya dengan indikator utama Bursa Efek Shanghai, Indeks Komposit Shanghai, sedikit tergerus 0,04 persen atau 1,40 poin menjadi menetap di 3.404,03 poin.

Sementara itu, Indeks Komponen Shenzhen yang melacak saham-saham di bursa kedua China tergelincir 0,41 persen atau 53,14 poin menjadi berakhir di 12.973,11 poin.

Nilai transaksi gabungan saham yang dicakup oleh kedua indeks tersebut mencapai sekitar 1,18 triliun yuan (sekitar 176,16 miliar dolar AS), melebihi 1 triliun yuan selama sembilan hari perdagangan berturut-turut dan meningkat dari 1,12 triliun yuan pada hari perdagangan sebelumnya.

Saham-saham di sektor batu bara dan pupuk kimia memimpin penguatan, sementara saham-saham yang terkait dengan pengolahan makanan, peralatan dapur dan kamar mandi termasuk di antara yang mencatat pelemahan terbesar.

Indeks ChiNext yang melacak saham perusahaan-perusahaan sedang berkembang atau perusahaan rintisan (start-up) di papan perdagangan bergaya Nasdaq China, merosot 0,34 persen menjadi ditutup pada 2.825,13 poin.

Baca juga: IHSG ditutup menguat dipimpin saham sektor energi
Baca juga: Saham Asia menguat ditopang data ekonomi, redanya ketegangan China-AS
Baca juga: Ekuitas negara berkembang Asia Juni catat arus keluar asing terbesar

 

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2022