Medan (ANTARA) - Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara mencatat sebesar 32,99 persen masyarakat setempat yang masuk kategori warga lanjut usia (lansia) yang telah menerima vaksin dosis ketiga atau penguat (booster) dari total sasaran 1.093.446 jiwa.
 
"Secara persentase sudah 32,99 persen dari target sasaran vaksinasi 1.093.446 untuk kelompok lansia," kata Kasi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Sumut dr Nora Violita Nasution melalui keterangan tertulis yang diterima di Medan, Selasa.
 
Sementara capaian vaksinasi dosis pertama lansia sebesar 88,16 persen serta vaksinasi dosis kedua sebesar 73,03 persen dari target sasaran vaksinasi.
 
Dari 33 kabupaten dan kota yang ada di Sumatera Utara, ia mengatakan baru Tebing Tinggi, Padang Lawas Utara, Nias Selatan, Nias Utara dan Nias Barat yang cakupan vaksinasinya sudah 100 persen.

Baca juga: Sumut terima 1.600 dosis vaksin PMK dari Pusat

Baca juga: Dinkes: 2 juta lebih penduduk Sumut sudah terima vaksin penguat
 
Sedangkan untuk cakupan vaksinasi yang sudah lebih dari 90 persen terdapat 15 daerah yaitu Samosir, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Padang Lawas, Deli Serdang, Asahan, Batu Bara, Serdang Bedagai, Labuhan Batu Utara, Tanjung Balai, Gunung Sitoli, Labuhan Batu Selatan, Tapanuli Selatan, Langkat dan Labuhan Batu.
 
Kemudian, untuk cakupan vaksinasi yang sudah lebih dari 80 persen yakni Tapanuli Tengah, Karo, Tapanuli Utara, Binjai, Dairi, Toba, Sibolga, Nias, Mandailing Natal dan Padangsidempuan.
 
"Capaian terendah Pematangsiantar, Simalungun dan Medan," ujarnya.
 
Dinas Kesehatan Sumut masih terus menggencarkan penyuntikan vaksin penguat kepada masyarakat karena angka capaian masih rendah dibandingkan realisasi vaksin dosis pertama dan kedua.
 
Upaya percepatan vaksinasi COVID-19 dilakukan dengan berkolaborasi bersama aparat TNI dan Polri maupun pihak swasta.*
   

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022