Hujan deras disertai angin kencang mengakibatkan atap rumah warga terbang terbawa angin
Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Hujan deras disertai angin kencang yang terjadi di Kecamatan Singosari Kabupaten Malang, Jawa Timur, Selasa, menyebabkan sejumlah rumah mengalami kerusakan.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang Sadono Irawan di Kabupaten Malang, Selasa, mengatakan berdasarkan laporan yang diterima saat ini, ada sepuluh rumah yang rusak pada bagian atap.

"Hujan deras disertai angin kencang mengakibatkan atap rumah warga terbang terbawa angin," kata Sadono.

Sadono menjelaskan sepuluh rumah yang rusak tersebut berada di lingkungan RT12/4 Dusun Kreweh, Desa Gunungrejo, Kecamatan Singosari. Kejadian angin kencang tersebut terjadi kurang lebih pada pukul 13.30 WIB.

Baca juga: 18 titik di Kota Malang banjir akibat hujan deras dan angin kencang

Baca juga: Hujan dan angin kencang sebabkan sejumlah pohon tumbang di Kota Malang


Menurutnya, saat ini personel BPBD Kabupaten Malang masih melakukan pendataan terkait peristiwa tersebut. Tidak ada korban jiwa atau luka akibat kejadian angin kencang tersebut.

"Tidak ada korban jiwa maupun luka-luka akibat kejadian itu. Saat ini juga masih dilakukan pendataan kerusakan," katanya.

Berdasarkan video yang beredar, terlihat atap dari sejumlah bangunan rumah di Dusun Kreweh rusak akibat angin kencang yang melanda wilayah tersebut. Ada sejumlah kerusakan kategori sedang, namun ada juga yang masuk dalam kategori ringan.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan dalam peringatan dini Jawa Timur, Kabupaten Malang berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai dengan petir dan angin kencang, dengan potensi banjir level waspada.

Baca juga: Angin kencang rusak 11 rumah warga Malang

Baca juga: Rumah di Malang roboh diterjang angin kencang


Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022