Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Ma'ruf Amin berharap nilai-nilai Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif (AKHLAK) Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menjadi pelopor terhadap tumbuhnya ekosistem moral bangsa.

"Ke depan kami harapkan core value AKHLAK BUMN ini tidak hanya hidup di internal BUMN dan sekadar menjadi penguat semangat membangun ekonomi negara, tapi juga bisa menjadi pelopor tumbuhnya ekosistem moral bangsa Indonesia yang lebih melembaga dan diakui dunia," kata Wapres saat menyampaikan sambutan secara daring pada acara Refleksi 2 Tahun AKHLAK BUMN-AKHLAK Award 2022, seperti dipantau di Jakarta, Selasa.

Wapres menambahkan pesatnya perkembangan informasi dan teknologi pada dewasa ini harus dioptimalkan sebagai modal BUMN untuk terus bertransformasi membenahi kualitas dan efektivitas kinerja.

"Arahan Presiden sangat jelas, terapkan efisiensi di semua lini BUMN dan kedepankan pemanfaatan produk dalam negeri untuk peningkatan produktivitas BUMN," jelasnya.

Baca juga: Menteri BUMN apresiasi MIND ID inisiasi Bukit Akhlak di Bangka

Selain itu, BUMN juga perlu terus mendorong percepatan inklusifitas ekonomi digital guna meningkatkan pertumbuhan dan kemakmuran masyarakat secara inklusif.

Dalam kesempatan tersebut Wapres juga mengimbau kepada seluruh unsur sumber daya manusia (SDM) BUMN agar menjadikan filosofi AKHLAK sebagai bekal semangat untuk terus berkarya dan berinovasi melayani rakyat.

Selanjutnya, dia meminta seluruh unsur SDM BUMN meninggalkan pola pikir bahwa BUMN akan selalu diselamatkan apabila berkinerja buruk atau berkasus.

"Jika pemikiran semacam ini terus melekat, maka BUMN bisa saja mengalami keruntuhan yang pada akhirnya akan berdampak buruk pada layanan masyarakat dan perekonomian negara," ujarnya.

Baca juga: Wapres: Nilai utama AKHLAK BUMN jadi modal menangi kompetisi

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2022