Ini juga bisa meningkatkan ekonomi kreatif, edukasi.
Jakarta (ANTARA) - DKI Jakarta menjadi tuan rumah pameran filateli dunia pada 2-10 Agustus 2022 sekaligus memeriahkan HUT ke-77 Republik Indonesia.

"Banyak sekali edukasinya dari berbagai negara misalnya tentang sejarah," kata Ketua Umum Perkumpulan Filatelis Indonesia (PFI) Fadli Zon setelah beraudiensi terkait pameran itu dengan Wakil Gubernur DKI di Balai Kota Jakarta, Selasa.

Anggota DPR RI itu menjelaskan pameran dan kejuaraan internasional tersebut dilaksanakan oleh Pos Indonesia dan PFI di Hall C Jiexpo, Kemayoran dengan dihadiri delegasi dari 65 negara.

Meski saat ini teknologi digital makin canggih, namun ia menyakini filateli atau koleksi perangko itu tetap eksis di tengah modernisasi.

Baca juga: Bandung tuan rumah Pameran Filateli Dunia 2017

"Semakin digital orang tidak bisa memegang lagi yang digital itu. Benda-benda material seperti perangko ada yang umurnya sudah 100-200 tahun dari berbagai negara," kata Politikus Gerindra itu.

DKI Jakarta, kata dia, pernah menjadi tuan rumah agenda serupa pada 10 tahun lalu.

Pada ajang tahun ini, ia berharap memberikan edukasi sejarah filateli kepada para pelajar dan masyarakat umum.

Tak hanya itu, ia meyakini pameran tersebut juga ikut mendorong ekonomi kreatif Tanah Air.

Baca juga: Galeri Apik pamerkan prangko tua dari luar negeri

"Ini juga bisa meningkatkan ekonomi kreatif, edukasi. Jadi, ini pameran prangko dan benda filatelis internasional," ucapnya.

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022