Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa bidang politik terjadi di Indonesia pada Selasa (5/7), mulai dari Presiden Jokowi tunjuk Tito Karnavian jadi Menpan RB ad interm, hingga Wapres bertolak ke Arab Saudi tunaikan ibadah haji.

Berikut sajian berita bidang politik yang dirangkum LKBN ANTARA.

Presiden Jokowi tunjuk Tito Karnavian jadi Menpan RB ad interm

Presiden Joko Widodo menunjuk Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) ad interim untuk mengisi jabatan yang ditinggalkan Tjahjo Kumolo yang wafat pada Jumat (1/7) pekan lalu.

Dikutip dari laman Kemenpan RB, Keputusan Presiden Jokowi tersebut tertuang dalam surat bernomor B-596/M/D-3/AN.00.03/07/2022 yang ditandatangani oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno tertanggal 4 Juli 2022.

Selengkapnya baca di sini.


Level PPKM sejumlah daerah kembali naik atasi varian BA.4-BA.5

Status level PPKM sejumlah daerah dalam perpanjangan Instruksi Mendagri terkait pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) kembali dinaikkan untuk mengatasi penyebaran COVID-19 varian BA.4 dan BA.5.

“Akhir-akhir ini kami melihat adanya peningkatan kasus COVID-19 dikarenakan adanya penyebaran varian BA.4 dan BA.5. Beberapa daerah terpaksa harus dinaikkan menjadi level 2," kata Dirjen Bina Adwil dan juga Wakil Ketua III Satgas Penanganan COVID-19 Nasional Safrizal lewat pesan elektronik di Jakarta, Selasa.

Selengkapnya baca di sini.


Mahfud sebut pemerintah segera bentuk pemerintahan tiga DOB Papua

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyampaikan pemerintah segera membentuk pemerintahan serta payung hukum yang mengatur keterisian kursi wakil rakyat di tiga daerah otonomi baru (DOB) Papua.

"Alhamdulillah, tiga undang-undang daerah otonomi baru di Papua, tiga provinsi, sudah disahkan oleh DPR RI pada pekan lalu. Tugas kami (pemerintah) yang sekarang, yang pertama dalam waktu dekat bagaimana membentuk pemerintah di sana. Yang kedua adalah membentuk payung hukum atau instrumen hukum untuk keterisian wakil rakyat di DPR RI, DPD RI, dan DPRD tingkat I provinsi," kata Mahfud, saat memberikan keterangan pers yang diunggah dalam kanal YouTube Kemenko Polhukam RI, sebagaimana dipantau di Jakarta, Selasa.

Selengkapnya baca di sini.


KPU belum masukkan DOB di Rancangan PKPU tahapan pendaftaran parpol

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI belum memasukkan soal daerah otonomi baru dalam Rancangan Peraturan KPU (PKPU) Tahapan Pendaftaran, Verifikasi, dan Penetapan Partai Politik yang akan dibawa ke rapat dengar pendapat di DPR RI pada Kamis (7/7).

"Dalam rancangan PKPU kami tidak memasukkan klausul yang berkaitan dengan daerah otonomi baru (DOB) karena KPU adalah pelaksana undang-undang," kata anggota DPR RI Idham Holik di Jakarta Selasa.

Selengkapnya baca di sini.


Wapres bertolak ke Arab Saudi tunaikan ibadah haji

Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin beserta istri Wury Ma’ruf Amin bertolak ke Arab Saudi, Selasa, untuk melaksanakan ibadah haji pada musim Haji Tahun 2022.

Juru Bicara Wakil Presiden Masduki Baidlowi menyampaikan pelaksanaan ibadah haji yang juga bertepatan dengan haji akbar merupakan undangan yang diberikan Kerajaan Arab Saudi kepada Wapres.

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2022