Jakarta (ANTARA) - Disney Indonesia berkolaborasi bersama Jakarta Experience Board (JXB) dan Kita Art Friends menghadirkan karya seni mural terinspirasi dari film Marvel Studios “Thor: Love and Thunder” dengan memanfaatkan teknologi augmented reality (AR) di terowongan Kendal, Menteng, Jakarta Pusat.

Baca juga: Masyarakat diharapkan tidak coret-coret mural di Terowongan Kendal

Direktur Usaha Jakarta Experience Board Manael Sudarman mengatakan pihaknya menyambut baik atas kolaborasi tersebut, apalagi bertepatan dengan momentum kebangkitan industri kreatif yang sempat mati suri akibat pandemi COVID-19 dua tahun terakhir.

“Semangat kami dari Jakarta Experience Board adalah untuk memaksimalkan area-area ruang publik yang ada di Jakarta. Kami bangga sekali bisa berkolaborasi dengan teman-teman seniman untuk bisa jadi bagian dari kegiatan tersebut,” kata Manael saat konferensi pers di Jakarta, Selasa (5/7) malam.

Pendiri Kita Art Friends Abdes Prestaka mengatakan pihaknya ingin membawa karya seni ke ruang publik agar dapat dinikmati oleh masyarakat umum sekaligus mematahkan persepsi mengenai eksklusivitas seni yang biasanya hadir di ruang galeri.

Baca juga: Terowongan Jalan Kendal akan dihias mural sambut HUT DKI Jakarta

Dengan mengadopsi teknologi AR, ia menambahkan bahwa saat ini karya seni dapat menerapkan teknologi kekinian yang mengikuti perkembangan zaman.

“Ini bukan sebuah benturan teknologi dengan seni, tapi merupakan sebuah kolaborasi yang dapat dinikmati dengan kekinian,” tutur Abdes saat ditemui Antara. Untuk bisa menikmati mural dengan teknologi AR, pengunjung cukup mengunduh aplikasi melalui QR code yang tersedia di lokasi mural. Kemudian pengunjung hanya perlu mengarahkan kamera ponsel di hadapan mural, gambar-gambar Thor otomatis akan tampak bergerak di layar ponsel.

Baca juga: Angkat palu Thor hingga lihat kostum Iron Man di Marvel Exhibition

Cuplikan video yang menampilkan seni lukis pasir bertema "Thor: Love and Thunder" oleh Vina Chandrawati berkerja sama dengan Disney Indonesia, Jakarta, Selasa (5/7/2022). ANTARA/Rizka Khaerunnisa/am.


Selain untuk merayakan perilisan film “Thor” keempat, mural yang dibuat oleh seniman Nano Warsono dan Ismanto Wahyudi itu juga hadir dalam rangka memeriahkan ulang tahun ke-495 Kota Jakarta. Hal tersebut tampak pada karya mereka yang tak hanya menampilkan karakter-karakter dalam film, melainkan juga menyelipkan gambar ikon-ikon Jakarta seperti bajaj, patung selamat datang, dan Monas.

Ismanto mencatat tantangan dalam mengerjakan mural tersebut di antaranya seperti medium pada dinding yang lebih lebar serta pendeknya tenggat waktu pengerjaan. Walau begitu, ia mengatakan pihaknya tetap menyikapi tantangan dengan suka cita.

“Harapan saya, ini akan menjadi sesuatu yang akan mengedukasi audiens terutama anak-anak muda yang biasanya ada dari mereka yang vandalism, ini sekarang mulai teredukasi dengan adanya mural-mural yang literatif ini,” katanya.

Baca juga: Chris Hemsworth hingga Christian Bale soal "Thor: Love and Thunder"

Selain mural “Thor”, ada pula bentuk kolaborasi Kita Art Friends untuk merayakan perilisan “Thor: Love and Thunder” yaitu instalasi perahu ikonik dalam film yang dibuat oleh seniman Teguh Paino.

Disney Indonesia juga berkolaborasi bersama pelukis pasir Vina Chandrawati yang menampilkan ilustrasi-ilustrasi film “Thor”, eCollabo8 yang menghadirkan kreasi ulang palu Mjolnir The Mighty Thor yang dibuat dari bahan-bahan daur ulang, serta Empire Fit Club yang menawarkan sesi latihan fisik layaknya membentuk tubuh Thor.


Baca juga: Marvel rilis poster dan trailer terbaru "Thor: Love and Thunder"

Baca juga: "Thor: Love and Thunder" tayang di bioskop Juli 2022

Baca juga: Chris Hemsworth bagikan foto jadul akting pertamanya

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022