Lebak (ANTARA) -
Kementerian Agama Kabupaten Lebak, Provinsi Banten memastikan jamaah calon haji berasal dari daerah itu dalam kondisi sehat dan siap menuju Padang Arafah, Arab Saudi, Kamis (7/7), untuk melaksanakan wukuf.

"Wukuf Arafah sendiri dilakukan pada 10 Zulhijah atau Sabtu (9/7), " kata Kepala Seksi Haji dan Umrah Kantor Kemenag Lebak Ahmad Firdaus di Lebak, Rabu.

Kemenag Lebak menerima laporan bahwa jamaah calon haji berasal dari daerah itu yang berjumlah 294 orang dinyatakan sehat.

Sebelumnya, kata dia, calon haji atas nama Sopyan dirawat di rumah sakit di Arab Saudi karena sakit, namun saat ini sudah sembuh.

Ia menjelaskan JCH sudah mempersiapkan pelaksanaan ibadah wukuf di Padang Arafah, Arab Saudi.

"Kami berharap pelaksanaan wukuf berjalan lancar dan semua jamaah sehat," katanya.

Baca juga: Jelang wukuf Arafah, PPIH Kendari matangkan bimbingan manasik calhaj
 
Dia mengingatkan calon haji memperhatikan gelang dan kartu identitas yang digantung di leher agar tidak hilang, karena pelaksanaan wukuf akan berdesakan dengan jamaah dari negara lain yang postur tubuhnya cukup tinggi dan besar, seperti dari Timur Tengah, Afrika, dan Eropa.
 
Pengalaman tahun-tahun lalu, banyak anggota jamaah di Tanah Suci tersesat dan hilang karena tidak memakai gelang dan kartu identitas.

Jika tanda identitas itu hilang atau tidak dipakai, kata dia, akan menyulitkan pencarian anggota jamaah yang tersesat oleh petugas. 
 
"Kami berharap jamaah agar memakai gelang dan ID Card dikalungkan di leher dan tidak tertinggal maupun hilang," katanya.
 
Basit (50), seorang calon haji dari Kabupaten Lebak yang dihubungi, menyatakan saat ini jamaah sudah bersiap untuk ibadah wukuf di Arafah. Di tempat itu juga sudah didirikan tenda-tenda untuk menginap jamaah. Jamaah akan berjalan kaki sepanjang dua kilometer dari penginapan menuju Arafah pada Kamis (7/7) untuk wukuf.

"Alhamdulillah, semua rombongan haji asal Lebak semua sehat dan bersiap melaksanakan wukuf," katanya.

Baca juga: Menag: Petugas dan jamaah haji jaga kesehatan jelang wukuf di Arafah
Baca juga: jamaah safari wukuf jadi 119 orang
Baca juga: Pembimbing: Haji akbar jangan hanya dimaknai saat wukuf

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022